Tips Bagaimana Berdamai dengan Masyarakat Dunia di Tengah Musuh yang Nyata

Hari perdamaian internasional tahun ini berkaitan erat dengan masalah pandemi. (Sumber: United Nations)

 

Peristiwa – Tahukah kamu apa itu Hari Perdamaian Internasional? Sesuai namanya, ini merupakan hari yang ditujukan untuk mengurangi perang berkelanjutan serta kekerasan di seluruh penjuru dunia, agar tercipta kedamaian dalam kehidupan manusia. Pada mulanya, hari tersebut diperkenalkan pada tahun 1967 oleh Paus Paulus kepada masyarakat, kemudian dirayakan untuk pertama kalinya oleh umat Katolik pada 1 Januari 1968.

 

Hari Perdamaian Internasional ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1981. Adapun penetapan 21 September menjadi Hari Perdamaian Internasional dilakukan pada tahun 2001 agar diperingati setiap tahunnya. Ada berbagai perayaan yang dilakukan oleh masyarakat dunia sebagai wujud pembukaan peringatan ini, diantaranya konser perdamaian di Belanda, tradisi menulis arti perdamaian oleh siswa di Tanzania, serta pembunyian Lonceng Perdamaian di Markas Besar PBB yang memuat koin dari anak-anak di seluruh dunia.

 

Peringatan Hari Perdamaian Internasional memiliki tema berbeda pada setiap tahun yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat dunia. Pada tahun ini berkaitan dengan masalah pandemi secara global, tema yang diusung oleh PBB adalah “Memulihkan dengan Lebih Baik untuk Dunia yang Adil dan Berkelanjutan”. Pandemi telah memukul masyarakat kurang mampu dan terpinggirkan, terlebih bagi mereka yang hidup dalam wilayah konflik sehingga mengalami kesulitan akses ke pelayanan kesehatan. Gencatan senjata perlu dilakukan agar mereka dapat kemudahan mengakses vaksin serta perawatan lainnya.

 

Dalam tema tahun ini, PBB menganjurkan untuk manusia saling bersatu untuk melawan pandemi yang telah menelan banyak korban tanpa pandang bulu. Masyarakat perlu bersatu dan berdamai satu sama lain agar dapat pulih sesegera mungkin. Berdamai bukan hanya dengan sesama manusia, tetapi dengan alam sekitar.

 

Lantas, bagaimana cara kita memperingati hari perdamaian internasional ditengah pandemi yang masih berlangsung ini? Mulailah dari hal sederhana seperti menaati protokol kesehatan yang berlaku. Dengan taat aturan semacam itu, artinya dapat menumbuhkan sikap damai di hati dan orang lain sehingga tidak terjadi konflik dengan masyarakat lain. Kedamaian akan tercipta. Selain itu, menyumbanglah berapa pun itu. Memang kondisi pandemi mengakibatkan ekonomi menurun. Tidak ada salahnya untuk terus berbagi. Berbagi tidak hanya berbentuk uang, tetapi juga ilmu yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang orang lain. Berbagi dapat membuat orang lain bahagia sehingga dapat menciptakan kedamaian batin.

 

Dengan adanya pembatasan kegiatan fisik, seringkali manusia beralih untuk mengisi waktu luang dengan bermain media sosial. Jagalah setiap kata yang kau tulis saat bermain media sosial dalam mengomentari apapun. Jika dapat memberikan komentar positif, mengapa harus berkomentar buruk yang menyakiti orang lain. Secara langsung memang tidak akan tahu efek yang ditimbulkan, tetapi ini berbeda dengan mereka yang memperoleh komentar buruk tersebut.

 

Jadi, sudahkan kamu melakukan ketiga hal kecil tersebut?

 

Penulis: Ardiani Eka Setyorini, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya 2019

Editor: Aslamatur Rizqiyah, Fidya Azahro

 

Sumber :

2021 Theme: Recovering better for an equitable and sustainable world. (2021). Dipetik September 9, 2021, dari United Nations: https://www.un.org/en/observances/international-day-peace

Admin, F. (2019, September 21). Hari Perdamaian Dunia, Ini Dia Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan! Dipetik September 17, 2021, dari Futuready: https://www.futuready.com/artikel/lifestyle-leisure/hari-perdamaian-dunia/

Ini, B. H. (2020, September 19). Sejarah Hari Perdamaian Internasional yang Dirayakan Setiap 21 September. Dipetik September 9, 2021, dari Kumparan: https://kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-hari-perdamaian-internasional-yang-dirayakan-setiap-21-september-1uF01fe6QDv/full

Koesno, D. (2020, September 21). Tema Hari Perdamaian Internasional 2020 “Bersama Bentuk Perdamaian”. Dipetik September 9, 2021, dari tirto.id: https://tirto.id/tema-hari-perdamaian-internasional-2020-bersama-bentuk-perdamaian-f4Rx

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *