Terapkan Ilmu, BEM SV Resmikan “Burjo VJ”

Berlangsungnya acara Grand Opening Burjo VJ di Jalan Banjarsari Selatan Nomor 10, tepatnya di belakang Angkringan Hik, Sabtu (10/04). (Sumber: LPM Manunggal)

Warta Utama—Sabtu (10/04), pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) tidak menjadi halangan bagi sekelompok pemuda ini untuk menjalankan hasrat bisnisnya. Tak terkecuali Bidang Ekotif BEM SV Undip yang justru melaksanakan grand opening Burjo VJ. Burjo tersebut berlokasi di Jalan Banjarsari Selatan Nomor 10, tepatnya di belakang Angkringan Hik.

Nama VJ sendiri diambil dari jargon Sekolah Vokasi, yakni Vokasi Juara. Ide ini berawal dari program unggulan Ketua dan Wakil Ketua BEM SV yang mendapat sambutan baik serta dukungan dari pihak Dekanat SV.

Rayyan selaku penanggung jawab berdirinya ide kreatif ini mengatakan jika dalam pelaksanaannya nanti akan banyak melibatkan mahasiswa SV.

“Awalnya program unggulan Ketua dan Wakil Ketua, terus dipasrahkan ke bidang Ekotif. Mulai dari konsep, tema, renovasi bangunan, terus teknis seperti apa, keuangan”, jelas Rayyan metika ditemui awak Manunggal, Sabtu (10/4).

Sumber pendanaan pendirian burjo ini bermodalkan dari kas BEM SV. Namun, hal tersebut tidak menghindarkan pelaksanaannya bebas dari kendala. Rayyan menyampaikan jika kendala terbesarnya terletak pada pendanaan yang ada.

“Gimana caranya kita mengalokasikan budget yang sedikit itu bisa mendirikan burjo. Meskipun dianggap masih apa adanya, namun seiring berjalanannya waktu, tahu mana yang harus dievaluasi dan dari pemasukannya bisa diputar lagi biar nggak ngendep aja”, tambah Rayyan.

Pemotongan tumpeng oleh perwakilan Dekanat SV sebagai simbol peresmian Burjo VJ, Sabtu (10/04). (Sunber: LPM Manunggal)

Untuk keberjalanannya ke depan, Burjo VJ akan dijalankan oleh mahasiswa SV diluar BEM dengan beberapa bagian tetap dijalankan oleh BEM SV. Kuliah daring menjadi salah satu keuntungan bagi pelaksanaan burjo. Selain berfungsi sebagai burjo pada umumnya, Burjo VJ juga dimanfaatkan sebagai tempat pengenalan produk-produk dari mahasiswa SV yang baru menapaki karirnya di dunia bisnis. Harapannya, dengan hadirnya Burjo VJ mampu membantu perekonomian bisnis-bisnis kecil dari mahasiswa SV itu  sendiri.

“Rencananya teman-teman vokasi yang punya dagangan bisa menaruh dagangannya di sini. Bisa nemuin aku (Rayyan) atau Farid (Wakil Ketua Bidang Ekotif)”, ucap Rayyan.

Salsabila atau kerap dipanggil Caca, selaku Wakil Ketua BEM SV berharap pelaksanaan ide ini bisa jadi inspirasi bagi mahasiswa SV. Hal ini sejalan dengan prinsip SV yang mengedepankan penerapan ilmu dan praktek secara langsung. Selain itu, ia juga berharap supaya BEM SV bisa mandiri dan tidak terpaku pada birokrasi yang ada.

Reporter         : Faqih Himawan, Malahayati Damayanti

Penulis            : Faqih Himawan

Editor              : Dyah Satiti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *