International Year of Health and Care Workers (YHCW) 2021 sebagai Apresiasi dari WHO untuk Tenaga Kesehatan Selama Pandemi

Beberapa potret tenaga kesehatan. (Sumber: www.who.int)

Peristiwa – Pandemi Covid-19 telah mewabah lebih dari satu tahun menyebabkan keresahan di seluruh dunia. Covid-19 telah menghantam semua negara dengan keras. Virus ini lebih rentan menyerang pada kelompok yang sebelumnya telah terpapar penyakit. Kondisi ini menimbulkan banyak permasalahan, seperti ketidakadilan bagi masyarakat karena adanya kelompok yang tidak memiliki akses layanan kesehatan yang berkualitas. Di seluruh dunia, beberapa kelompok berjuang untuk memenuhi kebutuhan disebabkan: pendapatan harian yang sedikit; memiliki kondisi perumahan, pendidikan, peluang kerja yang lebih buruk; mengalami ketidaksetaraan gender yang lebih besar; tidak ada akses ke lingkungan yang aman dan bersih, serta memiliki ketahanan pangan dan layanan kesehatan.

Hal ini tentu saja menyebabkan penderitaan, baik bagi masyarakat maupun negara. WHO mendesak setiap negara untuk memastikan setiap warga negaranya memiliki kondisi hidup dan status kerja yang kondusif untuk menyokong kesehatan yang baik. Selain itu, WHO juga mendesak setiap negara untuk memantau ketidakadilan kesehatan, dan memastikan bahwa semua orang dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas kapan dan di mana mereka membutuhkannya.

Tindakan WHO tersebut mengindikasikan bahwa peran tenaga kesehatan sangat besar dalam situasi melawan pandemi Covid-19 seperti saat ini. Tenaga kesehatan berperan untuk menuntaskan pandemi ini dengan membantu masyarakat yang telah terpapar virus agar dapat diselamatkan tanpa membeda-bedakan statusnya. Selain menuntaskan pandemi Covid-19 ini, tenaga kesehatan juga turut membantu pemulihan ekonomi negara. Hal ini disebabkan oleh pengeluaran untuk pengobatan pasien terindikasi virus Covid-19 tidak membengkak dan tidak menambah anggaran pengeluaran nasional.

Selain berperan dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan warga negara, tenaga kesehatan juga berperan untuk memulihkan ketahanan nasional. Berdasarkan data WHO, kasus Covid-19 saat ini sudah berangsur-angsur menurun. Hal ini tentu saja tidak lepas dari peran tenaga kesehatan. Dedikasi dan kerja keras tenaga kesehatan selama ini dapat terlihat dengan adanya penurunan angka Covid-19. WHO telah mendeklarasikan 2021 sebagai Tahun Pekerja Kesehatan dan Perawat Internasional atau International Year of Health and Care Workers (YHCW) sebagai pengakuan atas dedikasinya untuk memberikan perawatan selama pandemi Covid-19.

WHO meluncurkan kampanye selama setahun dengan tema “Protect, Invest, Together”. Ini menyoroti kebutuhan untuk berinvestasi pada pekerja kesehatan sebagai dividen bersama dalam kesehatan, pekerjaan, peluang ekonomi dan ekuitas.

Tahun ini, WHO meminta dukungan dan tindakan masyarakat untuk memastikan bahwa tenaga kesehatan dan perawatan didukung, dilindungi, termotivasi, dan diperlengkapi untuk memberikan perawatan kesehatan yang aman setiap saat, tidak hanya selama Covid-19.

Tujuan dari kampanye ini adalah memastikan bahwa petugas kesehatan dan perawatan dunia diprioritaskan untuk vaksin Covid-19 dalam 100 hari pertama tahun 2021; memperingati semua pekerja kesehatan dan perawatan yang kehilangan nyawa selama pandemi; serta memobilisasi komitmen dari negara anggota, Lembaga Pembiayaan Internasional, mitra bilateral dan filantropi untuk melindungi pada pekerja kesehatan untuk mempercepat pencapaian SDG dan pemulihan Covid-19. Selain itu, kampanye ini bertujuan untuk melibatkan negara anggota dan semua pemangku kepentingan yang relevan dalam dialog tentang perjanjian perawatan untuk melindungi kesehatan dan hak-hak pekerja, pekerjaan yang layak, dan lingkungan praktik; serta bertujuan untuk meyatukan komunitas, pemberi pengaruh, dukungan politik dan sosial dalam solidaritas, advokasi dan perawatan bagi petugas kesehatan.

Sumber : Website WHO

Penulis : Adellia Putri Utami, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat

Editor: Aslamatur Rizqiyah, Fidya Azzahro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *