Rangkaian ODM SV Undip 2021 Ajak Mahasiswa Baru Beretika dalam Berinternet

Pelaksanaan puncak Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Sekolah Vokasi (SV) Undip 2021, Sabtu (28/8). (Sumber: YouTube ODM Sekolah Vokasi Undip)

 

Warta Utama Sabtu (20/08),  telah berlangsung Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Sekolah Vokasi (SV) Universitas Diponegoro 2021 yang merupakan penutup sekaligus puncak rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Vokasi 2021. Acara ini dilaksanakan melalui platform Zoom Cloud Meetings dan disiarkan secara langsung di akun resmi YouTube ODM Sekolah Vokasi UNDIP. Tema yang diusung dalam ODM SV 2021 tersebut adalah Social Atmosphere to Future Discover.

Dua pembicara utama yang hadir ialah Siti Aminah selaku komisioner Komnas Perempuan dan Dara Nasution selaku penerima Jardine Scholarship yang menempuh pendidikan S2 di Oxford University. Materi yang dibawakan oleh pembicara pertama, Siti Aminah, adalah tentang ‘Kekerasan Berbasis Gender Siber Sebagai Pelanggaran Hukum dan Etika Berinternet’.

Siti mengungkapkan bahwa dalam berinternet seharusnya tetap beretika. Beberapa poin utama yang ia sampaikan berupa: menghormati orang lain dalam bermedia sosial, perlunya mengedukasi diri sendiri tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan baik di media sosial, mengajak mahasiswa untuk menghindari Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) yang merupakan bentuk diskriminasi terhadap perempuan, dan mengingatkan mahasiswa agar senantiasa awas terhadap bentuk bullying serta dampak kejahatan cyber terhadap korban.

Sedangkan Dara selaku pembicara kedua membawakan materi tentang ‘How to be an Authentic Student’. Tema tersebut selaras dengan nilai utama yang ditanamkan dalam ODM SV sendiri, yakni sustainable, morality, society, dan thinker.

“Dari nilai-nilai yang diangkat tersebut, panitia menetapkan target output dari ODM SV 2021, yakni 6G,” ucap Dhafa Yoga, ketua pelaksana ODM SV 2021, ketika diwawancarai oleh awak Manunggal pada Selasa (17/08), melalui pesan WhatsApp.

6G merupakan singkatan dari Groovy (Ceria), Genuine (Percaya Diri), Gestio (Manajemen), Gab (Komunikatif), Genius (Cerdas), dan Generous (Rendah hati).

Untuk merealisasikan output tersebut, ODM SV telah melangsungkan berbagai project, diantaranya: 4 social media project, 6 event project, dan 3 project SV Creativity.

Salah satu project yang baru-baru ini diramaikan oleh mahasiswa baru SV adalah social campaign ODM SV yang mengangkat persoalan hate speech and fake account. Kampanye ini menjadi ajang sosialisasi daring dari para mahasiswa SV kepada masyarakat untuk berhenti mengirim hate speech kepada orang lain menggunakan akun palsu di media sosial.

Dalam melaksanakan rangkaian acara ODM tahun ini, terdapat beberapa kendala yang cukup mengganggu jalannya persiapan. “Untuk kendala dan tantangan selama mempersiapkan ODM SV 2021 itu pasti banyak sih,” ujar Dhafa.

Kendala tersebut di antaranya; belum ada arahan terpusat dari rektorat terkait pelaksanaan ODM Fakultas sehingga pelaksanaan di setiap fakultas berbeda-beda, birokrasi Fakultas yang sulit dalam memberikan kepastian terhadap kegiatan kaderisasi, kondisi online yang menyebabkan sulitnya pengelolaan dan manajemen kegiatan kaderisasi mahasiswa baru, serta kondisi pandemi yang membuat kondisi keuangan menjadi sulit dan sangat terbatas.

Namun, terlepas dari kendala-kendala tersebut, project dan rangkaian kegiatan ODM SV 2021 berjalan lancar dan mendapat antusiasme meriah dari mahasiswa SV 2021. Terbukti dari capaian views siaran ODM yang menyentuh angka 6000-an, hingga ramainya tagar #ODMSV2021 serta #SocialAtmospheretoFutureDiscover yang memenuhi media sosial Instagram.

 

Reporter: Siti Latifatu S

Penulis: Siti Latifatu S

Editor: Aslamatur Rizqiyah, Fidya Azahro

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top