Pembangunan Tol Semarang-Demak, PT. Pembangunan Perumahan (PP) Gandeng FT Undip

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dan PT. Pembangunan Perumahan (PP) Jakarta, Senin (23/09) (Sumber: ikaundip.org)

Warta Utama – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip)  menandatangani  Memorandum of Understanding (MoU) dengan  PT. Pembangunan Perumahan (PP) sebagai awal perjanjian dalam proyek pembangunan jalan tol Semarang – Demak di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta, Senin (23/09).

Penandatanganan MoU antara FT Undip   dan PT. PP menjadi awal kerja sama antara kedua belah pihak. Pembangunan jalan tol Semarang – Demak sepanjang 27 km yang direncanakan akan selesai pada tahun 2023 nantinya akam mengamanahi Dekan FT Undip, Agung Wibowo sebagai konsultan yang ditugaskan untuk melakukan pengamatan terhadap tanah yang akan dikerjakan.

“Nantinya para pakar terkait dengan konstruksi dari FT Undip memberikan sumbangan pemikiran secara teknis terhadap rencana pembangunan jalan tol tersebut,” ujar Dekan FT Undip, Agung Wibowo dikutip dari website ft.undip.ac.id

Pembangunan jalan tol yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut Kota Semarang diharapkan dapat memberikan kemudahan akses transportasi serta mengatasi kemacetan yang terjadi di jalur Pantura Semarang – Demak akibat banjir rob

“Proyek jalan tol ini sebagai upaya penanggulangan banjir,” papar Handoko, Direktur Utama PT PP Semarang-Demak.

Kerjasama kedua pihak ini  juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa Teknik Sipil untuk melakukan kuliah praktik maupun magang.  

“Kami tidak hanya bekerja sama dengan pakar Undip, tapi juga memberikan kesempatan pada adik-adik mahasiswa untuk dapat melakukan kuliah praktik, sehingga bisa menerapkan ilmu yang telah didapat,” ujar Handoko dilansir dari website ikaundip.org

Adanya kesempatan tersebut, tercatat sudah ada 25 mahasiswa Undip yang melakukan magang dan kuliah praktik pada proyek pembangunan jalan tol tersebut.

Reporter : Mirra Halizah S

Penulis : Mirra Halizah S

Editor : Aslamatur Rizqiyah, Dyah Satiti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *