Dukung Rencana Pembelajaran Tatap Muka, Ilkom Undip Adakan Edukasi Bersama Tenaga Pengajar

Pelaksanaan forum secara online melalui Google Meet. (Sumber: Dokumen pribadi)

Warta Utama – Sabtu (29/5), Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro menyelenggarakan forum pengabdian masyarakat dengan mengangkat tema ‘Media Literasi: Peran Guru Mengedukasi Taat Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dalam Persiapan Sekolah Tatap Muka’. Forum ini berkolaborasi dengan guru dari Sekolah Karakter Pelangi Nusantara, Gunungpati, Semarang. Pelaksanaan forum ini dilakukan secara hybrid, yakni online untuk beberapa pembicara dari materi pengabdian via kanal telekonferensi Google Meet dan offline di sekolah dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Media literasi ini mengajak para guru agar dapat mengedukasi orang tua dan murid, sehingga lebih taat untuk mengikuti prokes (protokol kesehatan, red) Covid-19,” ujar Muchamad Yuliyanto, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Komunikasi Undip.

Sejalan dengan pedoman kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan arahan Pemerintah Kota Semarang agar sekolah melakukan tahap persiapan ke arah pembelajaran tatap muka dengan persiapan yang baik, maka dibutuhkan pemahaman optimal bagi guru untuk pembelajaran tatap muka di era new normal. Dengan demikian, penyelenggaraan forum Media Literasi Departemen Ilmu Komunikasi Undip akan memotivasi sekolah untuk melakukan persiapan secara efektif, mengingat lebih rentannya karakteristik siswa usia dini untuk terpapar virus.

“Seluruh kegiatan ini bersinergi dengan persiapan yang sudah sekolah lakukan, antara lain vaksinasi para tenaga pendidik dan komitmen sekolah atas penerapan SOP kesehatan seperti memperbanyak wastafel, serta tata kelola kapasitas siswa,” imbuh Yuliyanto.

Kegiatan media literasi berjalan secara interaktif dan komunikatif dengan sekitar 20 peserta yang terlibat di dalam forum. Para guru berdialog dengan sangat antusias termasuk ketika memaparkan kendala yang ada di sekolah serta mencari solusi yang efektif bersama tim pengabdian.

“Tips dan strategi komunikasi jitu, serta materi yang disampaikan tim dosen dalam kegiatan media literasi ini sangat bermanfaat dan akan coba kami terapkan,” tukas Dila, salah seorang dewan guru Sekolah Karakter Pelangi Nusantara yang terlibat dalam forum.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini sangat penting bagi guru untuk memaksimalkan persiapan sekolah tatap muka yang direncanakan pada Juli mendatang dengan tetap memperhatikan standardisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Indonesia.

 

Reporter: Christian Noven

Penulis: Christian Noven

Editor: Aslamatur Rizqiyah, Fidya Azahro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *