Gelar Aksi Kemanusiaan, Bukti Solidaritas dan Dukungan Masyarakat Semarang untuk Palestina

Semarangan – Lembaga Aksi Insan Mulia inisiasi aksi kemanusiaan peduli Palestina di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah pada Jumat (20/10). 

Aksi ini juga diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat yang ada di Kota Semarang, mulai dari mahasiswa, hingga kelompok keagamaan Kota Semarang. 

Adapun aksi ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat atas tragedi kemanusiaan yang menimpa Palestina dalam beberapa dekade terakhir. 

“Kami mengajak dunia ikut peduli, dunia harus melihat, dunia harus bersuara membela Palestina. Masyarakat dunia juga harus membuka mata ketika pembunuhan, rumah dihancurkan, dan wanita dilecehkan. Itu tentunya miris,” Tutur Sri Suroto selaku koordinator aksi. 

Sri juga mengungkapkan bahwa aksi kemanusiaan ini menjadi wujud solidaritas atas hubungan Indonesia dengan Palestina yang telah terjalin sebelum kemerdekaan Indonesia.

“Bebaskan Palestina, merdekakan Palestina. Bahkan bangsa Indonesia pun secara konstitusi hutang budi pada Palestina. Siapa sih negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia di awal-awal?” ungkapnya. 

Selain orasi, aksi ini juga diwarnai oleh kegiatan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama dan salat gaib yang ditujukan kepada para korban yang meninggal atas konflik yang terjadi. 

Adapula bendera Israel yang diletakkan oleh para massa aksi di tengah jalan disebut sebagai simbol keberpihakan mereka kepada Palestina. 

Tak hanya dukungan moril, aksi ini juga berupaya memberikan dukungan berupa obat-obatan dan makanan yang akan didistribusikan ke masyarakat Palestina. 

Ahmi Rifqi Hudayah yang merupakan salah satu massa aksi merespon positif aksi ini. Menurutnya, aksi ini merupakan wadah baginya untuk memberikan dukungan dan kepeduliannya sebagai sesama manusia. 

“Mungkin karena terjun kesana belum bisa jadi kita bisa mendukung lewat sini untuk membangkitkan awareness dan semangat untuk peduli. Jadi, at least kita harus menunjukkan keberpihakan itu dan acara ini menjadi wadah tersebut,” ujar Ahmi.

Lebih lanjut, Sri juga mengakui bahwa aksi serupa kemungkinan akan digelar kembali jika kondisi Palestina masih belum segera membaik.

 

Reporter: Zahra Putri Rachmania

Penulis: Zahra Putri Rachmania

Editor: Fahrina Alya Purnomo

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top