SK Dikeluarkan, Euforia Pemira Kembali Berlanjut

Panitia Pemilih melaksanakan sosialisasi terkait Petunjuk Teknis (Juknis) baru Pemira Undip 2019 pada Jum’at (1/11), bertempat di Ruang Sidang Lt.1 Student Center Undip Tembalang.(Winda/Manunggal)

CybernewsManunggal–Proses Pemilihan Umum Raya (Pemira) Undip 2019 yang sempat diberhentikan pada 23 Oktober kemarin akhirnya kembali dilanjutkan dengan beredarnya SK Pemira No.001/SK/Panlih Undip/X/2019, yang berisi tiga poin yaitu, memutuskan :

  1. Panlih baru bertugas untuk melanjutkan proses Pemira Undip 2019
  2. Rangkaian proses pendaftaran pada Pemira Undip 2019 sebelum diberhentikan sementara dianggap telah selesai dan disahkan kembali oleh SK 001/SK/Panlih Undip/X/2019 Tentang Kelanjutan Proses Pemilihan Umum Raya Mahasiswa Universitas Diponegoro
  3. Seluruh berkas yang telah terverifikasi oleh panlih sebelumnya dianggap sah dan disahkan kembali oleh SK 001/SK/Panlih Undip/X/2019 Tentang Kelanjutan Proses Pemilihan Umum Raya Mahasiswa Universitas Diponegoro

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih), Al Farrel Aprillyanto mengatakan bahwa keadaan vakum ini menimbulkan dampak dalam proses Pemira. Panlih baru berupaya untuk berkoordinasi lagi kepada Panlih Fakultas agar target Pemira serempak tetap berjalan lancar demi menjaga euforia Pemira itu sendiri. “SK sudah di up, kami rilis penyikapan kami tentang keberlanjutan Pemira seperti apa, dan tahapan sekarang kita sedang mengamati dan menganalisa kondisi Pemira sejauh ini,” jelas Farrel.

Menurut Farrel, berkas pendaftaran yang sudah terverifikasi kemarin secara legalitas hukum dinyatakan tidak sah karena SK ditandatangani oleh Panlih lama. Tambahnya, disahkanlah SK no. 001 untuk mengesahkan pendaftaran, seperti yang terdapat pada poin dua dan tiga. “Kami tidak melaksanakan pendaftaran ulang baik itu MWA UM, Senator, maupun calon Ketua dan Wakil Ketua BEM. Jadi pendaftaran kami anggap selesai dan memang sudah secara legalitas hukum yang kemarin sudah tidak sah, kami sahkan kembali menggunakan SK 001 dari Panlih Pemira yang baru,” terang Farrel.

Panlih Pemira baru sudah ditetapkan dengan disahkannya SK No.002/SK/Panlih Undip/X/2019 yang memutuskan 20 Panlih anggota lama dan 4 Panlih anggota baru sebagai Panlih Pemira 2019. Petunjuk Teknis (Juknis) lama secara otomatis sudah tidak berlaku ketika SK Panlih yang lama dicabut. Penetapan timeline dan Juknis baru telah diatur dalam SK No.003/SK/Panlih Undip/X/2019 pada 31 Oktober 2019 pukul 21.56. (Winda/Manunggal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *