(Foto: Dokumentasi pribadi)
Warta utama – Indonesian Marketing Association (IMA) Universitas Diponegoro (Undip) sukses menyelenggarakan program kerja unggulan departemen Project Academic (PA) divisi Research and Development (R&D) berupa forum diskusi pemasaran pada Sabtu, (10/06). Acara tersebut diselenggarakan secara langsung di gedung Information Communication Technology Centre (ICT Center) lantai 5 Undip pukul 13.00-selesai.
Diskusi tersebut mengusung tema “Campaign Marketing: Mastering Social Media Campaign for your Brand Awareness” dengan maksud agar para peserta diskusi dapat memahami dan mampu memasarkan baik produk maupun jasa dengan menggunakan strategi kampanye pemasaran yang baik dan benar serta sesuai dengan perkembangan zaman.
Tema tersebut diangkat atas beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh pebisnis di era sekarang. Pebisnis dituntut agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada. Kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang pesat seharusnya dapat mempermudah pebisnis dalam mempromosikan dan memasarkan produknya melalui sistem digital.
Penggunaan sosial media selain sebagai sistem informasi juga dapat berfungsi sebagai saluran dalam membangun brand awareness sebuah produk. Hal ini tentunya memiliki keunggulan berupa efisiensi waktu dan keefektifan tempat dan tenaga.
Dalam diskusi forum 2 ini, IMA Undip berhasil menggaet dua pembicara yang ahli dalam bidang marketing. Pembicara pertama yaitu Tengku Sela Laviarisa yang merupakan alumni IMA Undip dan staf terbaik tahun 2019, sekaligus konsultan bisnis senior PT. Kontrak Perkasa Futures Semarang. Pembicara kedua diisi oleh seorang pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) of Shine Company yakni Devian Rizki Ananta.
Diskusi forum ini bertujuan untuk memberikan motivasi, edukasi, dan pengetahuan peserta yang hadir maupun anggota IMA Undip serta mahasiswa Undip dalam bidang marketing. Selain itu, sebagai ajang untuk memperkenalkan IMA ke khalayak umum bahwa Universitas Diponegoro memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang marketing dan kewirausahaan.
Sejalan dengan hal tersebut, ketua divisi bidang Research and Development (R&D), Rizki Nurulhadi, turut serta memberikan tanggapannya. Menurutnya, kegiatan diskusi forum ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta dalam bidang pemasaran dan mengenalkan IMA Undip ke ranah publik.
“Tujuan diselenggarakan IMA Marketing Forum 2 ini untuk meningkatkan soft skill dan pengetahuan peserta di bidang pemasaran serta mengenalkan IMA ke masyarakat luas melalui kegiatan yang kita selenggarakan agar eksistensi IMA terjaga dengan baik,” ujarnya.
Dengan berhasilnya kegiatan ini, baik anggota internal IMA Undip dan peserta diskusi forum diharapkan mampu memahami materi-materi yang telah disampaikan pembicara dengan baik dan mengimplementasikan wawasan pengetahuan yang telah didapatkan.
Setelah kegiatan ini selesai, IMA Undip juga berharap mendapatkan citra yang baik di kalangan mahasiswa maupun umum karena sukses mengadakan kegiatan berupa forum diskusi dengan baik dan lancar.
“Harapannya semoga peserta mampu memahami tata cara menyusun strategi pemasaran yang baik sehingga dapat menarik konsumen dan memenangkan persaingan dengan jangkauan yang lebih luas dan dapat menerapkan pengetahuan yang didapat dari IMF 2 ini ke dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Shintya Arlita, ketua pelaksana IMA Marketing Forum 2.
Reporter : Hesti Dwi Arini, Nilla Putri Anggraini
Penulis : Hesti Dwi Arini
Editor : Fahrina Alya Purnomo