Cerdas, Mahasiswa Undip Olah Daun Sirih Jadi Insektisida untuk Atasi Masalah Lalat di Desa Gemuh

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip menggelar pelatihan pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih pada Kamis (19/1). Pelatihan ini diikuti ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kader kesehatan Desa Gemuh, Kabupaten Batang. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi masalah banyaknya lalat di desa Gemuh, karenakan lalat sendiri merupakan salah satu serangga penyebab berbagai macam penyakit pada manusia, seperti diare, disentri, kolera, hingga typhus. 

Masalah banyaknya lalat di desa Gemuh merupakan akibat dari pendirian kandang-kandang ayam yang terlalu dekat dengan pemukiman warga. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk mengadakan pelatihan dan edukasi tentang cara pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Undip juga menyampaikan materi mengenai manfaat daun sirih yang dapat digunakan sebagai bahan ampuh untuk mengusir berbagai macam serangga seperti lalat, sebab daun sirih sendiri memiliki kandungan minyak atsiri yang tidak disukai serangga. 

Selain itu, peserta pelatihan juga dibekali ilmu mengenai tahapan pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih, serta cara penggunaan insektisida yang baik dan benar. 

Ibu-Ibu PKK dan beberapa kader kesehatan di Desa Gemuh menilai positif kegiatan ini dan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan pembuatan insektisida sederhana bersama sejumlah mahasiswa KKN Undip. 

Baik mahasiswa KKN Undip maupun masyarakat Desa Gemuh berharap, kegiatan ini dapat menjadi solusi dalam mengatasi banyaknya lalat yang dinilai mengganggu dan salah satu sumber penyakit di Desa Gemuh, Kabupaten Batang. 

 

Penulis: Muhammad Ircham Alfareza (Mahasiswa Teknik Kimia)

Editor: Fahrina Alya Purnomo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top