Birokrat Ambil Alih PMB Sekolah Vokasi

Dekan Sekolah Vokasi beserta jajaran menghadiri upacara Penerimaan Mahasiswa Baru tingkat Fakultas pada Selasa (6/5), bertempat di Sekolah Vokasi Undip, Tembalang.

ManunggalCybernews – Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tingkat fakultas yang berlangsung di Sekolah Vokasi (SV) Undip, Tembalang pada hari Selasa (6/8), mengusung tema Revitalisasi Moral untuk Vokasi Juara. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Muhammad Yusuf selaku ketua ODM SV. “Materinya berkaitan dengan revitalisasi moral untuk vokasi juara,” jelas Yusuf. Adanya tema tersebut diharapkan seluruh mahasiswa baru SV dapat menerapkan dan merealisasikannya di kehidupan sehari-hari mereka.

Tidak seperti tahun lalu, terdapat perubahan dalam mekanisme PMB yang berlangsung di SV tahun ini. Perubahan itu terletak pada campur tangan dari pihak birokrat yang dinilai cukup dominan, yaitu dengan adanya kegiatan di Bantir yang akan dilaksanakan pada 15-16 dan 19-20  Agustus 2019. Bantir merupakan program dari birokrat yang teknisnya diserahkan ke TNI. “Jadi kita cuma dapat akses untuk mengawasi saja. Untuk teknisnya diserahkan pada TNI,” tambah Yusuf.

Mahasiswa baru Sekolah Vokasi mengikuti upacara PMB tingkat fakultas.

Perubahan ini terjadi karena pihak birokrat menilai bahwa pelaksanaan Pendidikan Karakter (Pendikar) tahun lalu tidak sesuai dengan ketetapan yang ada. Pihak birokrat menganggap bahwa ada praktik perpeloncoan yang terjadi sehingga kepercayaan mereka terhadap kapabilitas mahasiswa untuk mengkader menurun. Sehubungan dengan hal ini, maka tanggung jawab sepenuhnya berada di bawah pihak birokrat langsung. Yusuf juga menambahkan awal mula perubahan mekanisme itu bisa terjadi. “Berawal dari pendikar tahun lalu yang langsung di bawah kontrol katingnya, ditakutkan akan ada perpeloncoan yang terjadi jika diteruskan di tahun berikutnya,” ucapnya. (Dyah/Manunggal)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top