Perpanjangan Jam Operasional: UPT Perpustakaan dan Undip Press Dukung Kegiatan Akademik yang Dinamis

Informasi Perpanjangan Jam Operasional UPT Perpustakaan dan Undip Press, Selasa (30/4) (Sumber: Unggahan Akun X @perpus_undip)

 

Peristiwa Perpustakaan merupakan institusi yang dibentuk untuk menyediakan dukungan informasi bagi para pengguna. Sebagai sebuah unit kerja, perpustakaan dianggap memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, perpustakaan juga berfungsi sebagai sumber ilmu pengetahuan, penelitian, dan hiburan.

Universitas Diponegoro (Undip), salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, membuat terobosan baru dengan memperpanjang jam layanan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan dan Undip Press. 

Pada awalnya, layanan UPT Perpustakaan dan Undip Press hanya beroperasi sampai pukul 16.00 WIB di hari Senin hingga Kamis, pukul 16.30 WIB di hari Jumat, dan tutup di hari Sabtu dan Minggu. 

Kemudian, pada Selasa (30/4), UPT Perpustakaan dan Undip Press mengumumkan informasi terbaru  mengenai perpanjangan jam operasional melalui akun X dan Instagram mereka. Jam operasional akan berakhir pada pukul 19.00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat, sedangkan perpustakaan tutup pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Kebijakan ini mulai diberlakukan pada Kamis (2/5) 2024, dan disambut antusias oleh para mahasiswa, dosen, dan peneliti di lingkungan Undip. Hal tersebut tampak terlihat dalam sebuah cuitan di akun X. 

“Alhamdulillah bisa sampai malam,” ujar pengguna akun X @itsmereen_.

Tampilan UPT Perpustakaan dan Undip Press (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Perpanjangan jam operasional ini bertujuan untuk memberikan akses yang lebih luas bagi civitas academica untuk mengakses sumber daya perpustakaan dan layanan penerbitan di UPT Perpustakaan dan Undip Press. Langkah ini sejalan dengan komitmen Undip untuk mendukung kegiatan akademik dan penelitian yang semakin dinamis, serta memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa yang memiliki jadwal yang padat.

Adapun, layanan yang diberikan oleh UPT Perpustakaan dan Undip Press meliputi Layanan Referensi, Layanan Sirkulasi, Layanan Penelusuran Informasi secara elektronik (Online Public Access catalogue/OPAc), Layanan Koleksi Khusus, Layanan Corporate Social Responsibility (CSR), Layanan Penyebaran Informasi, Layanan Bimbingan Pengguna Perpustakaan, dan Layanan Fotokopi.

Selain itu, UPT Perpustakaan dan Undip Press juga menyediakan selasar yang bisa digunakan di luar jam operasional. Sebelumnya, selasar dapat dimanfaatkan mahasiswa hingga larut malam. Namun, kini penggunaanya dibatasi hingga pukul 21.00 WIB karena alasan keamanan. Kebijakan ini didasari atas peraturan yang berlaku di kampus Undip, yakni Surat Edaran (SE) Rektor Nomor: 6/UN7.P/HK/2014, yang terbit pada  Juni 2014.

Adapun ketentuan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Waktu pelaksanaan kegiatan/pentas seni di lingkungan fakultas/lembaga/UPT di dalam kampus Undip bagi mahasiswa dimulai pukul 19.00 s/d 00.00 WIB dan atau seijin dekan fakultas dengan tembusan/pemberitahuan kepada pembantu rektor dan kepolisian.
  2. Waktu pelaksanaan kegiatan diskusi, latihan-latihan dan sebagainya di lingkungan fakultas/lembaga/UPT di dalam kampus/di pelataran/di teras gedung bagi mahasiswa sampai pukul 21.00 WIB dan atau seijin dekan fakultas dengan tembusan/pemberitahuan kepada Pembantu Rektor II.
  3. Bagi warga/mahasiswa tidak diizinkan menempati taman dan atau ruang terbuka untuk kepentingan apapun mulai pukul 21.00 s/d 06.00 WIB.
  4. Bagi warga kampus diharap melaporkan secepatnya kejadian apapun yang menimpanya ke satuan pengaman terdekat dan/atau ke kepolisian terdekat.
  5. Waktu pemberlakuan jam malam akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni 2014.

Dengan adanya perpanjangan jam operasional, diharapkan aktivitas akademik dan penelitian di Undip semakin meningkat, serta memberikan dampak yang positif.

 

Reporter: Laili Ulfa Nuraini

Penulis: Laili Ulfa Nuraini

Editor: Hesti Dwi Arini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top