Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Kenalkan Profesi Pustakawan

FPIK

Keceriaan anak-anak desa Banjardowo bersama para mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip saat meneriakan “Jargon Menang” dengan penuh semangat. (Mei/Manunggal)

 

ManunggalCybernewsMahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Undip menyelenggarakan bakti sosial di Taman Baca Masyarakat (TBM) Lembah Manah, Desa Banjardowo, Genuk, Semarang, pada Minggu (14/6). Kegiatan yang berlangsung dari siang hingga sore ini, dihadiri oleh 33 mahasiswa kelas D Jurusan Ilmu Perpustakaan 2013 Undip, 46 anak-anak dari desa Banjardowo, Ketua RT setempat, serta pemilik sekaligus pengelola TBM Lembah Manah.

Bermula dari tugas mata kuliah Marketing dan Informasi pada Jurusan Ilmu Perpustakaan, para mahasiswa lantas menggagas kegiatan bakti sosial di daerah Banjardowo. Kegiatan ini pun dilakukan untuk mengenalkan profesi pustakawan kepada masyarakat.  Sejumlah buku bacaan anak-anak berhasil mereka kumpulkan untuk  disumbangkan kepada TBM Lembah Manah Desa Banjardowo.

Kegiatan bakti sosial ini dikemas secara menarik dengan mengadakan permainan-permainan yang erat kaitannya dengan profesi pustakawan, seperti lomba menyampul buku yang merupakan salah satu pekerjaan pustakawan, tebak gambar, menyusun puzzle bergambar pekerjaan pustakawan, dan beberapa perlombaan lainnya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan menonton film  animasi tentang perpustakaan untuk memberikan hiburan dan edukasi mengenai perpustakaan di kalangan anak-anak.

Fokus kegiatan tidak hanya sekadar mengenalkan profesi pustakawan, melainkan juga untuk memperkenalkan perpustakaan TBM Lembah Manah serta menumbuhkan minat baca anak-anak.

Perintis sekaligus pengelola TBM Lembah, Lukni Maulana merasa senang atas kunjungan dan kegiatan bakti sosial dari para mahasiswa. Ia mengatakan, warga sekitar belum sepenuhnya menyadari pentingnya membaca buku. Sampai saat ini, Lukni masih terus melakukan kampanye sadar membaca dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan memberikan kesempatan bagi siapa pun yang ingin ikut berkontribusi seperti yang sudah dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip.

“Kami berharap kegiatan tidak hanya berhenti sampai di sini, tetapi TBM Lembah Manah ini bisa menjadi TBM binaan kelas kami, sehingga akan ada kegiatan berkelanjutan setelah acara ini selesai,” kata ketua panitia acara, Cindra Fajar. (Mei/Manunggal)