Kempo Universitas Diponegoro

Sejarah Berdiri

Berawal dari seorang pendeta, bernama Dharma Taichi yang berasal dari India di Dataran Tinggi Tiongkok, pada tahun 550M. Dia menetap di Kuil SIAU LIEM SIE, tetapi karena orang Jepang tidak bisa menyebutkannya sehingga ia menyebutnya SHORINJI. Lalu, pada tahun 1928 hingga 1945, pemuda Jepang, yang bernama Sho Doshin, dia sebagai tentara Jepang, melarikan diri ke Tiongkok. Kemudian, bertemu dengan pendeta Budha Wan Tai Shun dan dia dibawa ke kuil SIAU LIEM SIE, dia dilatih bela diri SIAU LIEM SIE kungfu. Tahun1945, Dharma Taishi kembali ke Jepang, lalu mendirikan bela diri SHORINJI KEMPO. Setelah itu Kempo berkembang dan menghasilkan banyak murid, yang berasal berbagai dunia, termasuk 3 pemuda Indonesia yang bernama Utin Syahraz, Indra Kartasasmita, & Ginanjar Kartasasmita. Setelah selesai studi di Jepang, 3 pemuda Indonesia itu, kembali ke Indonesia & mengembangkan bela diri SHORINJI KEMPO di Indonesia. Lalu, tanggal 2 Februari 1962, mereka mendirikan organisasi KEMPO yang diberi nama PERKEMI (Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia) dan sekarang telah berkembang di seluruh Provinsi di Indonesia. Jawa Tengah merupakan cabang Kempo yang ke-2, setelah Jakarta. Dan di Universitas Diponegoro merupakan cabang Kempo pertama di Jawa Tengah.

Shorinji Kempo sendiri adalah salah satu seni bela diri yang berasal dari Jepang yang mengajarkan teknik-teknik pukulan, tendangan, dan lipatan/kuncian. Disebut seni bela diri karena gerakan-gerakannya yang indah, tetapi dapat menghasilkan kekuatan pukulan, tendangan, tangkisan, dan lipatan/kuncian yang maksimal.

Tujuan Berdiri

Tujuan didirikanya Shorinji Kempo di UNDIP adalah untuk Mengakomodinir minat dan bakat mahasiswa di bidang olah raga bela diri Shorinji Kempo, Menciptakan atlet-atlet berprestasi dari UNDIP di bidang olah raga Shorinji Kempo, Mengamalkan ajaran Kempo bagi masyarakat banyak, serta bertujuan memberikan senjata membela diri kepada para mahasiswa terhadap akan adanya bahaya yang setiap saat dapat mengancam keselamatan para mahasiswa itu sendiri.

Kegiatan UKM

Senin dan Kamis, pukul 4 sore di GSG UNDIP TEMBALANG

Selasa dan Jumat, pukul 4 sore di AUDITORIUM UNDIP PELEBURAN

Prestasi

Kejuaraan antar Dojo tingkat kota Semarang Oktober 2010
memperoleh 5 emas, 3 perak, 2 perunggu
Kejuaraan antar Dojo 2011
memperoleh 3 emas, 2 medali perak, 1 medali perunggu
Kejurprov Jateng Desember 2012 di Pekalongan
(Pada kejuaraan antar kota se-Jawa Tengah ini UNDIP berhasil meloloskan 4 atletnya untuk membela kota Semarang, dan berhasil memperoleh prestasi yang maksimal untuk mengharumkan nama Kota Semarang dan Nama Undip di tingkat Jawa tengah)memperoleh 4 Medali emas dan 3 medali perak
UNDIP CUP 2014
memperoleh 3 medali emas dan 3 medali perak
Kejuaraan USD 2014
3 medali emas, 3 medali perak, 1 medali perunggu

Kontak

CP : dewi 083842525285

Line : sarafd

Twitter : @kempoUNDIP