Wujudkan Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN Undip Bentuk Rumah Pangan Lestari

(Dok. Pribadi)

Dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, Tim II KKN PPM Undip bersama warga Desa Montongsari membetuk Rumah Pangan Lestari (RPL) dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga untuk ditanami sejumlah jenis sayuran. Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT RI ke-72. Dalam menyambut peringatan nasional ini, Tim II KKN PPM Undip bersama warga desa Montongsari memiliki harapan besar pada terwujudnya ketahanan pangan nasional.

Menyadari betapa pentingnya sektor pangan dan terwujudnya ketahanan pangan nasional di kemudian hari, warga desa tidak tinggal diam. Warga Desa Montongsari, Dusun Montongtambak, tampak antusias untuk membentuk RPL pada Selasa (25/7). RPL yang dibentuk menggunakan konsep pertanain organik, vertikultur, dan memanfaatkan limbah atau barang yang ada di lingkungan rumah warga. Contoh tanaman sayuran yang dapat diaplikasikan pada RPL di antaranya bayam, kangkung, sawi, tomat, terong, cabai dan sebagainya.

Botol kemasan air mineral menjadi objek pemanfaatan limbah, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat penanaman tanaman sayur. Selain itu, Tim II KKN PPM Undip berusaha memanfaatkan limbah biogas (bioslurry) yang terdapat di kawasan rumah warga yang digunakan untuk proses pemupukan tanaman budidaya RPL.

Pemberdayaan warga Dusun Montongtambak menjadi kunci kesuksesan pembentukan RPL, dimana ibu rumah tangga dan Remaja (anggota karang taruna) memiliki peran penting. Ibu rumah tangga berperan dalam mempersiapkan tempat pertanaman sedangkan remaja yang tergabung dalam KOMPLIT (Komunitas Remaja Peduli Tambak) berperan dalam menghias RPL dengan lukisan yang bertemakan tentang HUT RI ke-72.

Muhamad Ghazi Agam SAS

Mahasiswa Agroekoteknologi 2014

Fakultas Peternakan dan Pertanian