Warga Desa Mranak Ikuti Pelatihan Pengolahan Lele

Manunggal Cybernews – Program Kreativitas Masyarakat (PKM) Pengabdian Masyarakat Undip menghadirkan Unit Usaha Hasil Perikanan (UUHP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip dalam penyuluhan dan pelatihan budidaya serta pengolahan lele pada warga Desa Mranak, Kabupaten Demak, Sabtu (20/4). Dalam acara ini, warga diberitahu lele tidak hanya dapat diolah dengan cara digoreng, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti sosis, lumpia, nugget, dan kerupuk kulit.

Warga yang hadir dalam acara sangat antusias memperhatikan langkah-langkah pengolahan ikan lele. Beberapa warga pun turut membantu menyiapkan dan memasak seperti menggoreng, mengukus, dan lain sebagainya. Warga juga sesekali bertanya kepada anggota UUHP mengenai pengolahan ikan lele. Warga Desa Mranak sangat senang karena mendapatkan pegetahuan baru tentang pengolahan lele dan berencana menjadikan olahan ikan lele menjadi oleh-oleh khas Demak, khususnya Desa Mranak.

“Kegiatan yang bagus dan semoga nantinya warga meranak memiliki penghasilan tambahan dari hasil pengolahan ikan lele,” tutur Kepala Desa Mranak. Beliau juga berharap ada tindak lanjutnya dari kegiatan ini sehingga warga termotivasi dan tidak bingung untuk menjual produk olahan lele yang mereka hasilkan. (Fikri/Manunggal)