URDC, Wadah Keterampilan Robotic Mahasiswa

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

 

ManunggalCybernews–Undip Robotic Development Center (URDC) Universitas Diponegoro (Undip) merupakan sebuah organisasi untuk mewadahi keterampilan mahasiswa mechanical, electric, dan programming yang terbentuk pada bulan Juli 2016. Berdirinya URDC sendiri dilatarbelakangi oleh kolaborasi departemen Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Sistem Komputer untuk menjadi perwakilan Undip dalam perlombaan di bidang robotic.

Organisasi yang berpusat di Gedung Serba Guna (GSG) Undip ini, membuka peluang untuk Mahasiswa Undip dari semua jurusan yang ingin datang untuk belajar robotic. “Tujuan terbentuknya URDC, yaitu menaungi kegiatan yang terkait dengan robotic,” papar Munadi, Ketua URDC Undip saat ditemui tim Cybernews diruangnya pada Jumat (17/3).

Status URDC Status URDC masih berupa struktur organisasi yang dikelola oleh para mahasiswa dan dosen Undip. “Awalnya URDC ingin menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), tapi syarat menjadi UKM itu nanti akan ada kendala keterbatasan dana. Karena dana yang dibutuhkan untuk lomba cukup banyak,” ujar Munadi.

URDC mempunyai tim khusus untuk perlombaan yang mana setiap tim terdiri dari 3-4 orang, di antaranya Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan dua tim Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). Tim URDC ini sudah mengikuti beberapa perlombaan di berbagai kota, seperti Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bandung, Semarang, dan berbagai kota yang menyelenggarakan perlombaan robot Indonesia.

“URDC mendapatkan beberapa  penghargaan dari perlombaan tersebut, seperti runner up di regional dan sering lolos ketingkat nasional. Untuk mencapai tingkat nasional tidaklah mudah, karena harus melewatkan 3 tahap seleksi, yaitu proposal, video, dan tahap regional,” papar Munadi. (Dendi/Manunggal)