Uniknya Kudapan Tahu ‘Kapal’ Khas Tegal

Selain kuliner olos, Kota Tegal juga terkenal dengan tahu aci yang kerap dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh (Nina/Manunggal)

Selain kuliner olos, Kota Tegal juga terkenal dengan tahu aci yang kerap dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh (Fitri/Manunggal)

Momen berbuka puasa di Indonesia memang tidak lepas dari kudapan. Mulai dari kolak hingga berbagai makanan yang digoreng menjadi primadona. Lalu, kudapan apa yang menjadi primadona di Kota Tegal, ya?

Selain terkenal dengan kuliner olos dan glotak, Tegal juga memiliki santapan primadona lainnya yakni tahu aci. Keunikan dari tahu aci khas Tegal adalah bentuknya yang menyerupai kapal, tersusun dari tahu dan aci dengan olahan bumbu khusus yang tidak akan lepas saat digoreng. Bentuk tahu aci yang menyerupai kapal ini merepresentasikan Kota Tegal yang dikenal dengan Kota Bahari.

Biasanya tahu aci ini menjadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh karena rasa tahu yang beda dibanding daerah lain. Selain rasa tahu yang berbeda, teksturnya yang padat dan kenyal menjadikan kudapan ini spesial. Tahu aci khas Tegal semakin nikmat disantap apabila ditemani cabai rawit atau pun sambal kecap.

Saat bulan Ramadhan, tahu aci tak luput menjadi pilihan untuk dijadikan takjil. Jika Anda penasaran, tahu aci khas Tegal dapat ditemui di pinggiran jalan khususnya di daerah Kejambon dan sekitarnya. (Fitri/Manunggal)