Undip Tuan Rumah Telminas HMPII ke-2

 

Penyerahan penghargaan kepada para juara lomba poster bertemakan literasi sekolah di Gedung Pertamina Sukowati, Kamis (29/10). Undip menjadi juara ke-3 dalam lomba tersebut. (Dokumen Pribadi)

Penyerahan penghargaan kepada para juara lomba poster bertemakan literasi sekolah di Gedung Pertamina Sukowati, Kamis (29/10). Undip menjadi juara ke-3 dalam lomba tersebut. (Dokumen Pribadi)

“Kita menampilkan solusi bagaimana cara meningkatkan minat baca baik dari segi perpustakaan, orang tua dan diri kita sendiri karena minat baca Indonesia yang rendah. Harapannya dengan adanya acara ini mahasiswa dapat turut aktif dalam mewujudkan minat baca indonesia, ini kan temanya literasi sekolah jadi lebih diutamakan bagi anak-anak,” ujar Rudy Setiawan, salah satu peserta tim poster Undip dalam lomba Temu Ilmiah Nasional Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi (Telminas) se-Indonesia.

Tidak hanya lomba poster, Telminas se-Indonesia ini juga dimeriahkan dengan lomba karya tulis ilmiah, seminar nasional, gathering dan fieldtrip. Kegiatan tersebut mengusung tema mendidik generasi digital native melalui gerakan literasi sekolah. Dari serangkaian lomba yang digelar, perwakilan dari Universitas Indonesia memenangkan lomba karya tulis ilmiah, sementara Universitas Brawijaya membawa pulang predikat Juara Poster. Tak mau kalah, Universitas Diponegoro selaku tuan rumah memperoleh peringkat tiga dalam lomba poster kreatif bertema literasi sekolah.

“Acara ini merupakan bagian dari proses bagaimana mahasiswa Ilmu Perpustakaan untuk aware terhadap perkembangan atau isu-isu yang sedang terjadi. Walaupun gerakan literasi sekolah ini adalah program dari Kementerian Pendidikan, namun mahasiswa Ilmu Perpustakaan juga harus ambil bagian untuk mewujudkan gerakan ini, baik saat mereka sebagai mahasiswa atau nanti pada saat sudah terjun dimasyarakat entah sebagai pustakawan ataupun profesi yang lain,” papar Asep Saeful Rohman, dosen Universitas Padjajaran yang hadir sebagai pembicara.

Telminas diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) pada Jumat-Minggu (28-30/10) di tiga tempat, yakni UPT Perpustakaan Undip, Gedung Pertamina Sukowati, dan Fakultas Ilmu Budaya. Widia Nursetyaningsih, wakil ketua panitia menuturkan Telminas adalah salah satu program kerja HMPII berupa pertemuan seluruh mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi dari berbagai universitas di Indonesia untuk saling berkompetisi di bidang ilmiah. Meskipun berlokasi di Semarang, peserta yang hadir berasal dari berbagai universitas di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, dan Universitas Lampung.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini tidak hanya berisi kompetisi, karena para peserta diajak untuk melakukan field trip ke Sam Poo Kong dan Lawang Sewu. Dengan demikian, para peserta dapat mendapatkan wadah untuk bersilahturahmi dan bertukar pikiran, pengalaman serta wawasan antar mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi se-Indonesia.  (Fatma/Manunggal)