Undip Siapkan Diri Sambut PIMNas ke-27

Prof Sudharto Pranata Hadi, MES, PhD (kanan) dan Dr Warsito SU (kiri) menjelaskan kesiapan Undip menyambut PIMNas ke-27 dalam konferensi pers di Ruang Sidang Rektorat Undip, Rabu (20/8). (Ririn/Manunggal)


ManunggalCybernews – Dipercaya Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNas ke-27, Undip siapkan diri menyambut 2.500 mahasiswa dan 540 dosen pembimbing, serta pendukungnya yang berasal dari 90 PTN/PTS peserta PIMNas dan sekitar 30 PTN/PTS peserta lombaposter PIMNas nonseleksi.

Acara yang akan diselenggarakan pada 25-29 Agustus 2014 ini, mengusung tema Berkreasi dan Berinovasi dalam Kebhinnekaan. Tema tersebut dimaksud untuk memberikan apresiasi terhadap berbagai daerah, suku, dan budaya sebagai nilai kearifan lokal yang diusung dan mewarnai seluruh kreativitas serta inovasi mahasiswa dalam membangun cipta dan karsa IPTEK.

“Peserta PIMNas yang berasal dari berbagai daerah menunjukkan bahwa keberagaman unsur sebagai bagian dari kebhinnekaan,” ujar Pembantu Rektor III, Drs Warsito SU, dalam konferensi pers di Ruang Sidang Rektorat Undip, Rabu (20/8).

Penyelenggaraan PIMNas ke-27 ini akan berpusat di Gedung Prof Soedarto. Sedangkan untuk presentasi peserta, akan diselenggarakan di Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Di samping itu, Undip menyediakan akomodasi peserta di Rusunawa Undip, LPMP, dan Diklat Provinsi Jawa Tengah. Selain dapat menampung lebih dari 2.500 peserta PIMNas, penetapan tempat akomodasi dipilih karena lokasinya dekat dengan lokasi PIMNas, sehingga tidak membuat peserta datang terlambat pada hari pelaksanaan PIMNas.

Untuk menunjang akomodasi peserta, Undip menggandeng Akademi Kepolisian dan beberapa pihak swasta dalam memberikan fasilitas transportasi peserta. Selain itu, Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Institut Seni Indonesia Surakarta akan ikut memeriahkan acara pembukaan PIMNas nanti.

Dengan maskot “Mas Pim” yang melambangkan Pangeran Diponegoro masa kini, Rektor Undip, Prof Sudharto Pranata Hadi, MES, PhD, berharap mahasiswa dapat meneladani karakter dan semangat nilai-nilai luhur kepahlawanan Pangeran Diponegoro yang jujur, peduli, dan berani.

“Saya berharap pula Undip bukan hanya sukses sebagai penyelenggara, tetapi juga sebagai peserta,” ujarnya. (Ririn/Manunggal)