Undip Siapkan Badan Usaha untuk Dana Mandiri

Mensteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof. M. Nasir sedang menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH).

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof. M. Nasir menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) (Adi/Manunggal).

ManunggalCybernews – Perubahan status Undip Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) menjadi keistimewaan tersendiri, mengingat hanya perguruan tinggi yang telah memenuhi syaratlah yang terpilih. Seperti yang dijelaskan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof. M. Nasir mengenai beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Syaratnya antara lain akreditasi institusi harus A, akreditasi A  untuk program studi lebih dari 50%, dan publikasi penelitian yang diajukan secara internasional di atas 500,“ terang Prof Nasir.

Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) PTN-BH, sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang No. 12 tahun 2012 pasal 65 antara lain, kekayaan awal berupa kekayaan negara yang dipisahkan kecuali tanah, tata kelola dan pengambilan keputusan secara mandiri, unit yang melaksanakan fungsi akuntabilitas dan transparansi, hak mengelola dana secara mandiri, transparan, dan akuntabel, wewenang mengangkat dan memberhentikan sendiri dosen dan tenaga kependidikan, wewenang mendirikan badan usaha dan mengembangkan dana abadi, serta wewenang untuk membuka, menyelenggarakan, dan menutup Program Studi.

Dari sekian wewenang tersebut, mahasiswa menaruh perhatian khusus pada rencana pendirian badan usaha yang telah dibentuk oleh Prof. Yos Johan Utama, selaku Rektor Undip.

Rencananya, badan usaha yang akan dibentuk antara lain Undip Energy (pom bensin), Undip Technology, Undip Finance dengan membuat bank khusus Undip, Undip Food yang memaksimalkan potensi dari Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Undip Transport, Undip Health yang kini telah terealisasi dengan didirikannya Rumah Sakit Nasional Diponegoro.

Prof. Yos Johan menerangkan, apabila badan usaha tersebut dapat dikelola dengan baik, kelak akan menjadi sumber dana mandiri yang juga akan berpengaruh pada menurunnya nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT) sehingga dapat meningkatkan kualitas Undip menjadi lebih baik. Lebih lanjut, Prof. Yos menjelaskan apabila badan usaha tidak berjalan dengan baik, maka konsekuensinya tidak akan berdampak apa pun terhadap UKT. (Astrid/Manunggal)