Undip Rebut Dua Piala Debat PORSIMAPTAR

ManunggalCybernews  – Dua tim debat Universitas Diponegoro (Undip) rebut dua piala pada kompetisi debat Bahasa Inggris dalam ajang PORSIMAPTAR (Pekan Seni dan Olahraga Mahasiswa dan Taruna Akpol) yang digelar oleh Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Senin-Sabtu (29/10-3/11). Selain kompetisi debat Bahasa Inggris, berbagai kompetisi turut dilombakan pada ajang tingkat Jawa Tengah dan Yogyakarta ini, seperti futsal, basket, cheerleader, dan band.

Kompetisi debat bahasa Inggris PORSIMAPTAR sendiri diselenggarakan di Gedung Cendikiawan Akpol, Kamis-Jumat (1-2/11). Dua tim yang dikirim oleh Undip bertemu di putaran final. Sebelumnya, pada putaran semifinal, tim Undip A bertemu dengan tim Unnes A, sedangkan tim Undip B bertemu dengan tim Akpol B. Lalu, pada putaran final, kedua tim mendapat mosi “This house believe that Eurobonds is the best solution for Europe crisis”.

Tim Undip A yang terdiri dari Edward Sutanto (Fakultas Kedokteran 2009), Muhammad Rizko (Fakultas Peternakan dan Pertanian 2010), dan Rafi Nata (Fakultas Kesehatan Masyarakat 2011), berhasil merebut Juara I, sedangkan tim Undip B yang terdiri dari Hestiana Larasati (Fakultas Ilmu Budaya 2011), Haekal Muhammad (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2011), dan Marta Widyastuti (Fakultas Sains dan Matematika 2011) menduduki posisi di bawahnya, yakni Juara II. Selain itu, Edward Sutanto berhasil menyabet gelar Best Speaker pada kompetisi yang diikuti oleh 14 tim ini.

Menurut penuturan Hestiana, keikut sertaan kedua tim pada ajang ini merupakan salah satu persiapan dalam menghadapi Indonesian Varsities English Debate (IVED) 2013 yang akan digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB) Januari mendatang. Ia mengaku senang dan tidak kecewa dengan hasil yang ia dapatkan, walaupun ia dan tim Undip B tidak menduduki Juara I. “Nggak sedih karena hasilnya split 2-1 dari 3 juri dan hanya kehilangan margin 0,5,” ungkapnya. (Nina/Manunggal)