Undip Peringkat Kedua di Indonesia sebagai PTN Favorit

Prof. Yos Johan Utama memberikan pidato pada pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Senin(6/8) di Stadion Utama Undip (Rena/Manunggal)

ManunggalCybernews– Senin (6/8) dilaksanakan upacara Penerimaan Mahasiswa Baru PMB) Undip tahun akademik 2018/2019 dengan tema National Social Responsibility. Upacara yang dilaksanakan di Stadion Utama Undip tersebut dihadiri oleh sekitar 11 ribu mahasiswa baru. Prof. Yos Johan Utama, Rektor Undip, mengatakan bahwa Undip menempati posisi kedua sebagai universitas dengan peminat terbanyak berdasarkan jalur SNMPTN. “Peraihan pesertanya tertinggi kedua di Indonesia. Hal tersebut juga didukung dengan posisi Undip yang memiliki peringkat akreditasi A atau unggul,” ujarnya.

Pada tahun ini, Undip menerima mahasiswa  baru sebanyak 11.381 mahasiswa dengan jumlah mahasiswa melalui jalur SNMPTN sebanyak 3.569 mahasiswa. Penerimaaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan  tahun sebelumnya yang hanya menerima sebanyak 2.306 mahasiswa saja.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) mengatakan bahwa penerimaan program doktoral sebanyak 141 mahasiswa, program magister 954 mahasiswa, program spesialis 142 mahasiswa, program profesi 16 mahasiswa, program sarjana 8.239 mahasiswa, program vokasi 1.896 mahasiswa, dan terdapat mahasiswa negara asing yang berasal dari berbagai negara, di antaranya Senegal, Timor Leste, Urganda, Vietnam, Libya, Nigeria, Taiwan, Myanmar, dan Cina. (Mutia, Dewi)