Undip Peringati Hari Lingkungan Hidup dan Hari Susu Nusantara

ManunggalCybernews — Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup dan Hari Susu Nusantara, Universitas Diponegoro menggelar Car Free Day  dan minum susu bersama di halaman Gedung Widya Puraya, Jumat (6/6).

Acara yang diikuti mahasiswa dan sejumlah petinggi Undip serta siswa TK Mardi Utomo ini dimulai dengan senam dan bersepeda menuju halaman Gedung Widya Puraya. Dalam acara ini, Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Prof V Priyo Bintoro, berpidato mengenai pentingnya mengonsumsi susu.

“Tidak ada satu jenis pangan pun yang bisa menggantikan susu,” ujarnya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian pidato mengenai pelestarian lingkungan hidup oleh Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD. Menurutnya, perubahan iklim yang semakin ekstrem menuntut kepedulian dari semua pihak, tak terkecuali sivitas akademika Undip.

“Tema peringatan Hari Lingkungan Hidup ini adalah Raise Your Voice, Not The Sea Level. Maksudnya, perilaku kita jangan sampai memicu meningkatnya muka air laut dengan perubahan iklim. Kita harus menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, mengurangi penggunaan plastik, dan dari hal-hal kecil lainnya,” katanya menambahkan.

Prof Dharto juga menyampaikan tentang pentingnya mengonsumsi susu dan menyudahi pidatonya sambil minum susu bersama siswa TK Mardi Utomo dan segenap sivitas akademika yang hadir dalam acara tersebut. Setelah itu, acara diakhiri dengan peresmian Patung Diponegoro dan penanaman pohon. (Kalista/Manunggal)