Undip Lantik 13.198 Mahasiswa Baru Secara Daring

Pemakaian jaket almamater dan penyerahan Kartu Tanda Mahasiswa secara simbolik dari Rektor Undip kepada perwakilan mahasiswa. (Sumber: Youtube Undip TV)

Warta Utama— Universitas Diponegoro lantik 13.198 mahasiswa dalam Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2020/2021, Senin (14/9). Upacara tersebut digelar secara daring dan disiarkan melalui Ms. Teams dan Youtube di saluran Undip TV pada pukul 08.15, pagi tadi. Berjalan dengan lancar dan khidmat, upacara dihadiri secara langsung oleh Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, Ketua Senat Akademik, Prof. Sunarso, dan Dekan tiap fakultas, serta perwakilan mahasiswa dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim juga berikan selamat dan sambutan di awal acara.

Sidang Senat Terbuka diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang selanjutnya dibuka oleh Ketua Senat Akademik, Prof. Sunarso.

“Kami menyampaikan selamat kepada para mahasiswa-mahasiswi sekalian, selamat kepada para orang tua, wali dan keluarga yang telah sukses mengantarkan putra-putrinya di Universitas Diponegoro pada saat ini,” ujar Prof. Sunarso dalam sambutannya.

Wakil Rektor Akademik, Prof. Budi Setiyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Undip menerima sejumlah 13.198 mahasiswa baru. Jumlah tersebut terdiri dari program Doktor 254 mahasiswa, Magister 1.106 mahasiswa, Spesialis 9 mahasiswa, Profesi 205 mahasiswa, Sarjana 10.086 mahasiswa, Vokasi sebanyak 1.538 mahasiswa, ditambah PSDKU yang belum terhitung datanya. “Dan juga masih ada program PSDKU, akan tetapi datanya belum selesai kita rekap,” jelas Prof. Budi Setiyono.

Mahasiswa baru tersebut lolos melalui berbagai jalur seleksi. Program Sarjana (S1) meliputi SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, Kemitraan, Seleksi Bibit Unggul Berprestasi, International Undergraduate Program (IUP), dan jalur Afirmasi Kemendikbud. Sedangkan untuk Program Vokasi melalui jalur Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB), Ujian Mandiri, dan Jalur Kerjasama. Sementara itu untuk program Magister, Doktor, Spesialis, dan Profesi lolos  melalui jalur Ujian Mandiri.

Prosesi Pelantikan

Mahasiswa dilantik secara resmi oleh Rektor Prof. Yos Johan, dilanjutkan dengan pemakaian jaket almamater dan penyerahan Kartu Tanda Mahasiswa secara simbolik kepada perwakilan mahasiswa dari tiap-tiap program.

Farchatus Safira, salah satu mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sangat bersyukur dan bahagia dapat menjadi bagian dari mahasiswa baru Undip. “Bersyukur dan sangat bahagia. Nggak nyangka bisa masuk Undip. Karena Undip termasuk universitas favorit di Indonesia khususnya Jawa Tengah,” ujarnya saat dihubungi awak LPM Manunggal.

Pandemi yang sebabkan segala sesuatunya serba daring, cukup menyulitkan beberapa mahasiswa. Dari paket data, sinyal, dan keadaan yang tidak kondusif di rumah menjadi halangan. Begitu pula dengan Farchatus. “Aku kira bakal terlalu bosan, tapi tidak seburuk itu. Ngantuk iya, tapi tetap seru. Yang aku khawatirin cuma satu. Rumahku kan agak pelosok, ya jadi sinyal disini itu susah. Jadi mungkin itu kendala yang aku rasakan. Harus sabar nungguin sinyal membaik,” tuturnya.

Setelah dilantik, mahasiswa nantinya akan mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 15-16 September 2020. Kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) rencananya akan dilaksanakan pada 18-20 Januari 2021 saat keadaan sudah membaik.

Reporter: Winda Nurghaida

Penulis: Winda Nurghaida

Editor: Alfiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *