Undip Juarai Kompetisi Debat Tingkat Nasional

Delegasi FH Undip meraih juara pertama dalam Kompetisi Debat Brawijaya IV di Malang, Minggu (26/10). (Dok. Istimewa)


ManunggalCybernews –Delegasi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) yang tergabung dalam Unit Pelaksana Kegiatan Kelompok Riset dan Debat (UPK KRD) menyabet gelar juara pada Kompetisi Debat Brawijaya IV. Kompetisi debat tingkat nasional yang diadakan di Malang ini diikuti dua puluh lima tim dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tim beranggotakan Raesa Astiti Putri, Mohammad Bondan Ferry Prasetio, dan Tutut Ferdiana Mahita Paksi ini berhasil menjuarai kompetisi bertajuk Membangun Kemandirian Bangsa dan Ketahanan Nasional Menuju Indonesia Emas itu setelah mengalahkan Universitas Sebelas Maret (UNS) di babak final, Minggu (26/10). Di babak tersebut, Undip menjadi tim pro dengan mosi Pembubaran Quick Count dalam Agenda Pemilu.

Persiapan yang dilakukan Delegasi FH Undip ini dimulai sejak pertengahan Juli lalu. Raesa mengaku banyak kendala yang dialami timnya.

“Walaupun persiapannya dimulai sejak Juli, namun kemarin waktunya sempat terpotong karena libur lebaran. Selain itu, mosi untuk debat baru keluar awal September dan jumlahnya ada sebelas mosi,” ujarnya.

Selain menjadi juara pertama dalam kompetisi tersebut, Raesa juga mendapat gelar Best Speaker. Raesa mengaku sangat puas atas keberhasilan timnya menjuarai kompetisi ini. Dia tidak menyangka timnya bisa menjadi juara dan dia terpilih menjadi Best Speaker. Awalnya, dia ragu karena seluruh anggota timnya tergolong pemula.

“Ini semua tentunya berkat dukungan dan doa teman-teman. Bangga sekali bisa keluar menjadi juara, karena kompetisi ini kan tidak hanya diikuti mahasiswa hukum, namun umum atau mahasiswa dari berbagai fakultas,” katanya.

Raesa berharap, pihak fakultas memberi dukungan kepada UPK-UPK yang mengikuti kompetisi serupa.

“Harapannya, fakultas juga mendukung kompetisi di luar kampus, seperti dukungan materi untuk membuat legal opinion dan dukungan perijinan juga tentunya,” ujar mahasiswa angkatan 2012 ini. (Anis/Manunggal)