Undip Delegasikan 5 Mahasiswa ke Simulasi Sidang PBB di Roma

Harvard Model United Nations (MUN) digelar di

Harvard Model United Nations (MUN) digelar di Roma, Italia pada Senin–Jumat (14–18/3). Undip mengirimkan lima mahasiswa untuk mengikuti acara ini.

Undip mengirimkan lima mahasiswa untuk Harvard World Model United Nations 2016 (World MUN) di Roma, Italia pada Senin–Jumat (14–18/3). Lima mahasiswa tersebut adalah Ramaditya Pratama, Maila Karima, Stephanie Elisa Malonda, Grace Sihombing, dan Fatimah Al Zahra. Kegiatan yang mengusung tema “Spirit of WorldMUN: Future #25” tersebut menarik ribuan peserta dari 150 negara di dunia.

World MUN merupakan acara tahunan Universitas Harvard yang berupa simulasi sidang PBB. Dalam acara tersebut, para peserta merumuskan solusi terhadap isu-isu mendesak di dunia dari berbagai bidang serta berbagai isu kontemporer seperti terorisme, keamanan, teknologi, sumber daya alam, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Selain itu, peserta juga berkesempatan mempromosikan budaya negara masing-masing melalui Global Village, mengikuti berbagai kegiatan sosial, meningkatkan kerjasama, dan mempererat persahabatan lintas negara.

Acara tersebut dibuka oleh Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi, yang mengapresiasi dan merasa antusias untuk mengetahui resolusi dari pertemuan ini. Adapun pada hari ketiga, para peserta mengikuti audiensi khusus dengan Paus Fransiskus di Vatikan. Paus menyerukan pesan yang kuat tentang hak asasi manusia, kerjasama, solidaritas dunia, dan perdamaian.

 

Kontributor:
Ramaditya Anugrah Pratama
Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik