UKM Racana Adakan Peringatan Hari Kartini

Arak-arakan pakaian adat dalam peringatan Hari Kartini yang  diselenggarakan oleh UKM Pramuka, Racana, di depan Gedung Soedarto Universitas Diponegoro, Minggu (20/4). (Hery/DokumenPribadi)

Arak-arakan pakaian adat dalam peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan oleh UKM Pramuka, Racana, di depan Gedung Soedarto Universitas Diponegoro, Minggu (20/4). (Hery/Dokumen Pribadi)

ManunggalCybernews— Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Diponegoro (Undip), Racana, menyelenggarakan serangkaian Peringatan Hari Kartini di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) dan Lapangan Voli Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip, Minggu (20/4).

Acara dibuka dengan arak-arakan pakaian adatdan sepeda onthel di sekitar lingkungan Undip. Sebagai simbol peringatan Hari Kartini, saat arak-arakan berlangsung, peserta membagikan mawar merah kepada setiap orang yang mereka temui.

Rangkaian acara berlanjut di Lapangan Voli FISIPdan PKM. Sejumlah perlombaan pun digelar, antara lain layang-layang, sepak bola sarung, menghias parcel dan Kartini-Kartono Pintar.Pada Lomba Kartini-Kartono Pintar, lima belas pasang Kartini-Kartono ditantang untuk menjawab sejumlah pertanyaan sebelum dapat keluar sebagai juara.

Kumala Nurunniyah, ketua panitia Peringatan Hari Kartini, berharap acara ini dapat berkontribusi untuk melestarikan budaya agar tidak luntur termakan zaman. “Sesuai dengan tema acara Budaya Sebagai Media Menumbuhkan Semangat Perjuangan,” jelasnya. (Manunggal/Kalista)