UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro

Sejarah Berdiri

UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang kesejahteraan mahasiswa di lingkungan Universitas Diponegoro Semarang. UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pertama dan bahkan satu-satunya UKM yang bergerak dibidang kepedulian terhadap penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif di Semarang, Bahkan di Jawa Tengah pada awal pertama berdiri pada tanggal 07 Desember 1999. UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang lahir karena keprihatinan mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang pada maraknya penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif di Indonesia. UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang merupakan sebuah bukti nyata partisipasi mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of exchange) untuk memajukan bangsa dan negara dalam hal pemberantasan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adikitif di Indonesia. UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang juga merupakan bentuk aplikasi dari tri darma perguruan tinggi, yaitu : pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, tentunya dalam hal pemberantasan penyalahgunaan narkotika, psiotropika dan zat adiktif melalui berbagai upaya preventif pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif di Universitas Diponegoro Semarang pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Namun, pada perkembangannya, UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang tidak hanya bergerak dalam hal pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif saja, akan tetapi juga mulai merambah pada kepedulian terhadap kesehatan reproduksi remaja dan HIV/AIDS.

Tujuan

VISI

“UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mampu memberikan partisipasi serta ikut andil dalam upaya penuntasan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif melalui usaha-usaha preventif pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif kepada mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.”

MISI

  1. UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif di lingkungan Universitas Diponegoro Semarang pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
  2. UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang berupaya memberikan pendidikan dan pendampingan mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif sebagai langkah preventif pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif di lingkungan Universitas Diponegoro Semarang pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
  3. UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro Semarang berupaya membantu pemerintah, dalam hal ini Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memerangi penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif, serta mendukung terciptanya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

 

Kegiatan

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh UKM Peduli Napza diantaranya

  1. Peringatan hari besar terkait dengan Napza maupun HIV/AIDS, seperti
    • HANI (Hari Anti Narkoba Internasional) yang jatuh pada setiap tanggal 26 Juni.
    • HBAT (Hari Bebas Asap Tembakau) yang diperingati setiap tanggal 31 Mei.
    • HIV/AIDS yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

    Kegiatan yang dilakukan ketika memperingati hari besar diatas bermacam-macam, dapat berupa Seminar, Lung Run, Kompetisi Desain Poster, atau turun kejalan dengan aksi sebar bunga

  2. Napza Goes To School, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan ke siswa-siswi terkait dengan Napza dan HIV/AIDS

  3. Issue Cornor, Program ini merupakan kajian yang membahas tentang berita dan kasus terhangat berkaitan dengan narkoba dan rokok yang diikuti oleh seluruh anggota UKM Peduli Napza . Kegiatan ini dilakukan setiap 1 bulan sekali sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan pengurus UKM terhadap issue terhangat mengenai narkoba dan mencoba untuk memberikan solusinya.

 

Kontak

CP :

  • Nurul : 085658847447
  • Ria : 085729396435

Twitter : @napzaUndip

Facebook : Ukm Peduli Napza Undip

website : pedulinapzaundip.wordpress.com