Tutup ODM, BEM KM Adakan DBA

ManunggalCybernewsBadan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Undip menggelar Orientasi Diponegoro Muda (ODM) yang merupakan bagian dari rangkaian Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB). Bertempat di Stadion Undip, Tembalang, Dipo Bersih Asri (DBA) menjadi penutup rangkaian kegiatan ODM, Minggu (7/9).

Acara yang merupakan manifestasi dari Gerakan Aku Cinta Undip ini melibatkan seluruh elemen lembaga mahasiswa, baik dari BEM Fakultas, Himpunan Jurusan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), hingga seluruh sivitas akademika Undip. Dimulai pukul 06.30, acara dibuka dengan foto bersama mahasiswa baru (maba) 2014 dengan membentuk formasi “Aku Cinta Undip” berlatarbelakang bendera merah putih yang terbentuk dari bentangan kertas asturo.

Pada puncak acara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir menyampaikan orasinya didepan ribuan maba. Ganjar berpesan agar maba memiliki semangat untuk ikut serta dalam membangun bangsa ke arah yang lebih baik.

“Republik tercinta ini akan berubah menjadi baik kalau kalian ikut berperan di dalamnya,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga melakukan diskusi interaktif dengan maba mengenai cita-cita mereka.

Acara yang mengusung tema Menyambut Diponegoro Muda dengan Harmonisasi Cipta, Rasa, dan Karsa untuk Senyum Indonesia ini ditutup dengan menerbangkan 1.000 balon yang diiringi dengan lantunan jingle angkatan karya maba 2014 yang dipandu Paduan Suara Mahasiswa Undip.

Ketua panitia, Afandi Rahmat Aris mengatakan, sesuai dengan temanya, ODM dapat dijadikan sarana untuk mengakrabkan diri antarmaba. “Harapannya, sesama mahasiswa baru, mereka dapat mengenal teman-temannya dari seluruh fakultas, tanpa adanya jarak dan diskriminasi,” ujarnya.

Aldy Rizhal, maba Fakultas Ilmu Budaya, mengaku senang atas penyambutan yang dicanangkan BEM KM. “Penyambutannnya luar biasa, saya tidak memprediksi sebelumnya, acaranya akan sememuaskan ini,” ujarnya. Aldy berharap, dia kelak dapat mengharumkan nama Undip dan terus mengobarkan nyala api Diponegoro. (Ririn/Manunggal)