Peran Travel Journalism untuk Pariwisata

Dekan FISIP Undip, Dr. Sunarto, M. Si menjadi moderator dalam Seminar dan Talkshow Travel Journalism di Balai Pendidikan dan Pelatihan, Senin (23/5). (Dok. Istimewa)

Dekan FISIP Undip, Dr. Sunarto, M. Si menjadi moderator dalam Seminar dan Talkshow Travel Journalism di Balai Pendidikan dan Pelatihan, Senin (23/5). (Dok. Istimewa)

LPM OPINI FISIP Undip menggelar seminar nasional dan talkshow dengan tema Peran Travel Journalism terhadap Perkembangan Pariwisata Indonesia: Jelajah Asik dengan Jurnalistik, di Badan Pendidikan dan Pelatihan, Senin (23/5). Kegiatan ini bertujuan membentuk pemahaman masyarakat dan mahasiswa mengenai potensi pariwisata Indonesia dan mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam mengembangkan potensi tersebut dengan jurnalistik.

Tema tersebut diangkat karena dewasa ini, berbagai objek wisata di Indonesia semakin populer di masyarakat lokal dan mancanegara. Tidak bisa dipungkiri hal itu tidak lepas dari peran travel journalism yang memanfaatkan teknologi digital dalam menyuguhkan potensi pariwisata Indonesia.

Seminar Nasional dan Talkshow ini menghadirkan Tazbir, SH, M.Hum (Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata Republik Indonesia), Fitraya Ramadhanny (Redaktur Pelaksana Detik Travel), dan Muhammad Syukron Makmun (Community Travellerkaskus).

Seminar nasional dan talkshow ini dimoderatori oleh Dekan FISIP Undip, Dr. Sunarto, M.Si pada sesi pertama dan Albert Ghana Pratama pada sesi kedua. Meskipun dihadiri pembicara dari profesi dan sudut pandang yang berbeda, selama jalannya seminar dapat disimpulkan bahwa profesi mereka saling menguntungkan.

“Travel journalism melalui sosial media akan menguntungkan Pariwisata Indonesia,” ungkap Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Tazbir, SH, M.Hum melalui rilis yang diterima LPM Manunggal, Selasa (2/6).

Agar menghidupkan suasana, acara ini melibatkan interaksi dua arah antara pembicara dengan para peserta. Materi yang disampaikan mengenai travel journalism terkait dengan perannya bagi pariwisata Indonesia juga menarik para peserta yang hadir. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini pun berlangsung lancar.

Ketua Panitia, Fauzan Ersad berharap peserta dapat memperoleh manfaat dari acara ini dan kedepannya, Undip dapat kembali menjalin kerja sama yang baik dengan Kementerian Pariwisata RI, Detik Travel, dan Travellerkaskus.


 

Oleh:

LPM OPINI FISIP Undip


 

Kanal Citizen Journalism ini merupakan media mahasiswa. Setiap berita/opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis.