Trans 7 Ajak Mahasiswa Eksis Jadi Jurnalis TV

Peserta Workshop Trans 7 mengambil foto Gedung ICT Undip untuk tugas peliputan, Sabtu (11/4). (Dok. Istimewa)

Peserta Workshop Trans 7 mengambil foto Gedung ICT Undip untuk tugas peliputan, Sabtu (11/4). (Dok. Istimewa)

ManunggalCybernews—Bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Undip, Trans 7 menyelenggarakan workshop bertajuk Eksis Jadi Jurnalis TV di Auditorium FISIP Undip, Jumat-Sabtu (10-11/4). Acara yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-628 Kota Semarang ini, merupakan bagian dari rangkaian roadshow Trans 7 di Semarang.

Pada hari pertama, peserta dibekali pengetahuan seputar dunia jurnalistik televisi dari para praktisi profesional Trans 7. Materi yang disampaikan antara lain, peta persaingan bisnis televisi, teknik peliputan, teknik pengambilan gambar, pengisi suara, dan teknik editing.

“TV itu industri yang sangat kompetitif. Orang yang bekerja di TV adalah orang yang siap bekerja dengan tekanan,” ungkap Titin Rosmasari, Pemimpin Redaksi Trans 7.

Selain memperoleh materi jurnalistik, peserta juga dibagi ke dalam kelompok untuk meliput di lingkungan kampus Undip. Kegiatan peliputan tersebut dilakukan pada hari kedua dan peserta diberikan waktu empat jam untuk proses peliputan hingga editing. Tiga kelompok dengan hasil liputan terbaik akan ditayangkan dalam Redaksi Trans 7.

“Acara ini menarik banget, berasa jadi reporter beneran. Kita bisa mendapatkan banyak ilmu dan praktik langsung. Aku nggak nyesel datang jauh-jauh dari Salatiga kesini karena acaranya worth it banget,” ujar Nancy, salah satu peserta workshop.

“Saya berharap tahun tahun selanjutnya kita dapat terus memfasilitasi teman-teman mahasiswa untuk berkembang melalui acara di luar kampus seperti ini. Terus, mahasiswa punya pengetahuan lebih luas lagi, punya pengetahuan yang lebih nyata, karena belajar di kampus aja nggak cukup,” kata Anisa Wikantyas, ketua panitia acara. (Windi, Citra/Manunggal)