TNI Hingga Sniper Turut Mengamankan Jokowi di Undip

Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) sedang berjaga di luar Stadion Undip Tembalang, Selasa (17/10). (Jazaak/Manunggal)

Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) sedang berjaga di luar Stadion Undip Tembalang, Selasa (17/10). (Jazaak/Manunggal)

ManunggalCybernews—Kedatangan Presiden Republik Indonosia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ke Undip pada Selasa (17/10) di Stadion Undip Tembalang memerlukan persiapan pengamanan yang matang. Selain membawa Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dari Jakarta, tim pengamanan juga terdiri dari Brimob Polri, TNI Kodam IV Semarang, dan Resimen Mahasiswa (Menwa) Undip.

“Dari TNI Kodam IV Semarang ada yang bersiaga di sini (Stadion Undip–red), ring I namanya, ada juga di ring III di Rusunawa,” ujar salah satu anggota Intel Brimob saat ditemui di Stadion Undip.

Dengan mengenakan pakaian batik, sekitar 50 anggota Paspampres menjaga ketat setiap area yang dilalui Jokowi menuju Stadion Undip, tempat penyampaian orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-60 Undip. “Pengamanannya dari bandara, kemudian di setiap area yang dilalui Presiden Jokowi,” ujar salah satu anggota Paspampres yang tidak ingin disebut namanya.

Lebih dari itu, penembak jitu (sniper) juga telah siaga untuk mengamankan dan mengantisipasi segala macam ancaman yang akan terjadi terhadap Jokowi. “Snipernya berjaga di beberapa titik. Ada yang di gedung dekat gerbang Undip, lalu ada yang di sana dan di sana. Pokoknya di tempat-tempat tinggi,” jelasnya sambil menunjuk ke arah puncak gedung Rusunawa yang berada di sebelah selatan stadion dan puncak gedung futsal di sebelah utara stadion. (Putri/Manunggal)