Tips Mudik Untuk Mahasiswa Agar Aman dan Nyaman

(Dok. Istimewa)

Tak terasa lebaran sebentar lagi, momen dimana semua orang berkumpul dengan keluarga besarnya. Terutama mahasiswa yang pasti sangat merindukan keluarganya di rumah, mulai dari ayah, ibu, dan saudara mereka. Sejauh ini, apa saja yang sudah teman-teman lakukan untuk mempersiapkan mudik? Nah sebelum mudik, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan mudik.

  1. Pilih Waktu Mudik yang Tepat

Memilih waktu mudik sangat diperlukan. Mengapa? Karena untuk menyiaTuosati adanya beberapa agenda sebelum pulang ke kampung halaman. Agenda ini misalnya tugas kuliah maupun organisasi yang belum selesai. Jadi, selesaikan tugas kamu dengan cepat, kemudian tentukan waktu yang tepat untuk mudik agar kamu bisa mudik lebih awal.

  1. Bersihkan Kamar Kos

Membersihkan kamar kos sebelum mudik memang dianjurkan. Bayangkan saja ketika kalian meninggalkan kamar dalam keadaan kotor. Kemudian ketika kembali ke kosan, keadaan kamar yang kita tinggali semakin berantakan, pasti akan terasa kurang nyaman untuk ditempati. Oleh karena itu, sebelum mudik sebaiknya bersihkan kamar kos kamu. Lalu simpan barang-barang yang sekiranya di tempat yang aman agar tidak terkena debu.

  1. Siapkan Kondisi Fisik

Menjaga stamina tubuh sebelum mudik merupakan jantungnya mudik. Bagaimana tidak? Jika seseorang sedang sakit, kita tidak bisa mudik dengan nyaman dan akan terbebani oleh kondisi fisik yang sedang melemah. Menjaga kondisi tubuh bisa dilakukan dengan cara  selalu berpikir positif, tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, kemudian minumlah vitamin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Sehingga siap untuk melakukan perjalanan mudik.

  1. Catat Barang-Barang yang Akan Dibawa Mudik

Catatlah barang apa saja yang akan kamu bawa untuk mudik dan bawalah barang seperlunya saja. Dengan begitu akan memudahkan kamu untuk memasukkan barang yang kamu bawa ke dalam koper serta menghindari adanya barang yang tertinggal.

  1. Pilih Transportasi yang Akan Digunakan

Saat ini, banyak sekali transportasi yang dapat menjadi pilihan kamu untuk mudik. Namun, pilihlah trasportasi yang sesuai. Sesuai dalam hal ini adalah sesuai kantong, tujuan, dan kenyamanan. Misalnya, kamu suka naik kereta api, namun tujuan mudik kamu tidak ada jalur untuk kereta api, maka pilihlah alternatif lain seperti bus ataupun travel.

  1. Berdoa dan Tetap Memberi Kabar

Setelah semua persiapan dilakukan, yang paling penting adalah berdoa. Dengan berdoa, maka keamanan seseorang akan terjamin. Selain itu, jangan lupa memberi kabar kepada orang rumah, agar mereka tidak mengkhawatirkan kamu.

Itulah beberapa tips agar mudik kalian semakin terasa aman dan nyaman. Segera persiapkan mudikmu. Selamat mencoba! (Dana/Manunggal).