Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa

(Dok. Istimewa)

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa di mana umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Antara waktu tersebut, kurang lebih selama 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Selain waktu makan, makanan yang dimakan saat bulan Ramadan biasanya berbeda dari biasanya karena terdapat tradisi makan makanan tertentu yang hanya ada di bulan Ramadan, seperti kolak dan kurma. Perubahan pola makan ini juga dapat memengaruhi fungsi tubuh.

Meski berpuasa, kita tetap harus menjaga kebugaran tubuh yaitu dengan olahraga. Terlebih bagi mereka yang memiliki berat badan di atas normal, berolahraga harus dilakukan untuk menjaga berat badannya agar tidak mudah naik lagi. Menjelang akhir puasa, kita semua harus tetap berolahraga agar menjaga tubuh tetap sehat sampai lebaran tiba. Berikut tips-tips tetap berolahraga saat berpuasa :

  1. Lakukan olahraga ringan, hindari olahraga berat

Tujuan berolahraga adalah untuk kesehatan tubuh kita. Namun saat berpuasa, alangkah lebih baiknya untuk memilih olahraga yang ringan seperti jogging kurang lebih 20 menit atau bersepeda. Tidak perlu olahraga yang berat, karena akan membuat tubuh menjadi dehidrasi.

  1. Pilih waktu sore hari

Waktu berpuasa jangan melakukan aktivitas fisik yang berat di pagi atau siang hari. Tenaga yang kita dapatkan waktu makan sahur akan habis. Lebih baik, berolahraga saat sore hari. Ini waktu yang tepat untuk membakar sisa kalori. Bahkan membakar energi cadangan seperti lemak tubuh.

  1. Pilih tempat yang sejuk

Jika olahraga di tempat terbuka, lakukanlah di bawah pepohonan dan kawasan yang sejuk lainnya. Dengan begitu tidak akan mudah lelah dan dehidrasi.

Semoga tips tersebut dapat menjadi salah satu alternatif kita untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran selama puasa. (Dendi/Manunggal)