Tips Menghadapi Maraknya Curanmor

(Dok. Istimewa)

 

Banyaknya kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di lingkungan Undip dan sekitarnya menyebabkan keresahan bagi sivitas akademika Undip terutama mahasiswa. Dengan banyaknya kasus curanmor tersebut, kita harus lebih berhati-hati dalam menjaga kendaraan pribadi. Nah, berikut terdapat beberapa tips untuk menghindari diri agar tidak menjadi korban curanmor :

Berikan tambahan kunci pengaman pada motor.

Selain mengunci stang setiap kali meninggalkan motor, memberi kunci tambahan pada motor juga sangat dianjurkan. Karena dengan kunci stang saja motor dirasa masih kurang aman. Para pelaku curanmor saat ini sudah semakin pandai dalam melancarkan aksinya. Kunci tambahan ini antara lain seperti kunci roda, alarm, gembok, kunci cakram, dan lain sebagainya.

Parkir di tempat yang aman dan resmi.

Sebaiknya mematuhi peraturan yang ada untuk parkir pada tempat yang sudah disediakan dan memang resmi di lingkungan kampus Undip, serta usahakan untuk memakirkan di tempat parkir yang sudah terdapat satpam atau penjaga parkir. Jika terpaksa harus parkir di tempat yang kurang aman usahakan motor sudah memiliki pengaman ganda.

Selalu berhati-hati dan jangan ceroboh.

Hati-hati memang diperlukan di semua situasi, karena para pelaku curanmor tidak memandang kapan dan di mana mereka akan beraksi, bahkan dalam situasi yang ramai pun para pelaku curanmor dapat meloloskan diri melakukan aksinya. Satu hal lagi yang penting yakni jangan ceroboh terhadap motor Anda, misalnya karena terburu-buru sehingga kunci motor tertinggal. Dengan keadaan seperti itu, orang lain yang awalnya tidak mempunyai niatan untuk mencuri, bisa jadi dia akan mencuri motor tersebut karena melihat kunci yang masih menempel sehingga aksi curanmor menjadi lebih mudah.

Menggunakan alternatif kendaraan lainnya.

Untuk lebih aman lagi, bisa menggunakan alternatif kendaraan yang lain misalnya pergi ke kampus naik angkutan umum atau ojek. Selain itu, Anda juga bisa jalan kaki menuju kampus, selain aman juga menyehatkan.

Dari beberapa ulasan di atas, semoga dapat membantu dan mengingatkan teman-teman untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam menjaga kendaraan pribadi agar terhindar dari curanmor. (Dana/Manunggal).