Tips Cari Uang Ala Mahasiswa

Caption Foto: (Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

Saat ini, banyak dijumpai wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa yang sukses dalam mengembangkan bisnisnya memulai dengan perencanaan yang matang, entah itu melalui program PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) atau PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan). Namun, untuk dapat lolos dan didanai, keduanya harus melalui proses persaingan yang cukup ketat. Ada pula mahasiswa yang memulai bisnisnya secara mandiri dengan modal yang cukup besar, sehingga banyak yang berpikiran bahwa mengembangkan bisnis adalah perkara yang sulit dilakukan bagi mereka yang berkemampuan finansial rendah.

Terlepas dari semua itu, penulis melihat beberapa peluang bisnis yang tidak membutuhkan modal finansial yang besar, namun dapat mendatangkan uang yang cukup mengisi kantong mahasiswa. Berikut rangkumannya.

Danusan

Ini adalah bisnis kecil-kecilan yang paling mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Meski terlihat sepele, menjajakan makanan di kelas atau danusan yang kerap dilakukan organisasi mahasiswa terbukti mendatangkan uang yang cukup banyak. Tidak hanya makanan, barang lain seperti stiker, gelang, gantungan kunci, hingga kaos pun bisa dijadikan barang dagangan.

Danusan memang kerap dikaitkan dengan kepentingan organisasi mahasiswa, namun bukan berarti danusan tidak boleh dilakukan oleh individu untuk kepentingan pribadi. Pelaku danusan hanya harus berani dan rajin menawarkan dagangannya supaya laris. Dengan modal sekitar 30 hingga 100 ribu, kita bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Bayangkan saja bila keuntungan perharinya adalah 10 ribu, dikalikan lima hari kuliah menjadi 50 ribu, dikalikan empat minggu dalam sebulan sudah menjadi 200 ribu. Kemungkinan rugi dalam bisnis ini tetaplah ada apabila dagangan kita tidak laku. Untuk itu, pelaku danusan harus pandai menyesuaikan dagangan dengan selera pasar.

Pages 1 2 3