Tingkatkan Kualitas Pendidikan Lewat Seminar Parenting

(Dok. Istimewa)

 

Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Tematik Undip mengadakan seminar parenting dengan tajuk “Pengasuhan Positif, Sebagai Pondasi Karakter Anak Usia Dini” pada Selasa (1/8) di Kelompok Belajar (KB) Tunas Merapi, Logede, Kecamatan Karangnongko, Klaten. Seminar parenting ini digelar dengan konsep diskusi interaktif  bersama Ketua Himpunan Pendidikan Usia Dini (HIMPAUDI) Jawa Tengah, Dedy Andrianto.

Acara ini dihadiri oleh guru-guru kelompok belajar, pendidikan usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak di sekitar Kecamatan Karangnongko. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pengelolaan lembaga pendidikan usia dini se-Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten.

“Dalam mengasuh anak orang tua dan guru pendidikan usia dini harus menciptakan visi dan misi bersama agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi perkembangan anak,” papar Dedy.

Tidak hanya pemaparan dari Dedy, seminar ini juga diisi oleh mahasiswa peserta KKN PPM Tematik Undip dengan materi anti kekerasan pada anak, literasi gadget, literasi buku, dan pengenalan aplikasi kontrol gadget anak Kakatu. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tim KKN PPM Tematik daerah Klaten, Wahju Krisna, berharap dengan adanya acara ini menambah wawasan baru bagi para guru di Kecamatan Karangnongko.

Pada seminar ini juga tim KKN PPM Tematik Undip mendatangkan perpustakaan keliling dari Dompet Sejuta Harapan (DSH) Klaten. Perpustakaan keliling turut meramaikan jalannya seminar ini memfasilitasi siswa-siswa KB Tunas Merapi dengan berbagai macam buku bacaan. Diharapkan dengan adanya perpustakaan keliling ini dapat membantu anak-anak dalam meningkatkan minat baca.

Ilham Mubarok

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik