Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa dengan PKL di OJK

Dokumentasi Istimewa.

Selain memiliki nilai akademik yang baik, mahasiswa juga harus mampu mengembangkan diri dalam berbagai aspek agar memiliki kompetensi yang baik dan mampu bersaing di dunia kerja. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan menjalankan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan mahasiswa untuk meningkatkan soft skill dan mendapatkan pengalaman merasakan dunia kerja secara langsung. Kegiatan PKL dapat dilaksanakan mahasiswa pada perusahaan milik pemerintah maupun perusahaan swasta, salah satu lembaga yang menerima kegiatan PKL mahasiswa, yaitu Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga independen yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank. OJK sebagai regulator lembaga jasa keuangan menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memberikan pengalaman PKL kepada mahasiswa yang diharapkan dapat meningkatkan inklusi dan literasi keuangan serta meningkatkan pemahaman mengenai tugas, fungsi dan wewenang OJK. Melalui pengalaman yang didapatkannya di OJK, mahasiswa terkait diharap dapat menyampaikan kepada masyarakat mengenai pentingnya jasa keuangan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lembaga keuangan dan produk dari jasa keuangan dalam menjaga perekonomian agar tetap stabil.

Dokumentasi Istimewa.

Program PKL di kantor OJK dilakukan dalam kurun waktu satu bulan yang akan ditempatkan di divisi yang terdapat di OJK, di antaranya Perbankan, Industri Keuangan Non Bank (IKNB), Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK), Pasar Modal, dan Administasi. Pada periode April 2018 lalu, Kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY yang berlokasi di Jalan Kyai Saleh Nomor 12-14, Semarang, menerima beberapa mahasiwa PKL untuk mendapatkan pengalaman langsung bekerja di lembaga keuangan independen ini. Di antaranya ialah Rahma Asriyani (Manajemen- Undip), Kurnia Karimah (Perbankan Syariah-IAIN), dan Yofaning Tiyas Wulandari (Perbankan Syariah-IAIN). Mahasiswa PKL ini selanjutnya akan ditempatkan pada dua bagian yang disesuaikan dengan minat atau jurusan, sehingga tujuan mahasiswa dalam proses belajar melalui PKL ini dapat terlaksana dan tercapai dengan baik.

Dalam menjalankan kegiatannya, Kantor OJK KR 3 mengajarkan secara langsung budaya kerja sesuai sistem yang diterapkan. Karyawan OJK akan membantu mahasiswa dalam memahami tugas, fungsi, dan wewenang dari kantor yang dilibatkan secara langsung kepada peserta PKL. Setiap instansi juga memiliki wewenang dan syarat tersendiri dalam menerima peserta magang atau PKL. Untuk itu, syarat dan ketentuan mahasiswa yang berminat magang atau PKL di OJK, dapat dilihat pada web resmi OJK yaitu ojk.go.id.

Rahma Asriyani

Mahasiswa S-1 Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis