Tingkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan Lewat Green Investment

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

ManunggalCybernews—Berlatarbelakang dari banyaknya perusahaan yang hanya peduli bagaimana mendapatkan laba tanpa memperhatikan lingkungan, tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) mengangkat penelitian yang berjudul “Peningkatan Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Green Investment”.

Tim yang akan berlaga di PIMNAS 30 yang beranggotakan empat orang yakni, Gretta Ratna Sari Br Bukit (Akuntansi 2013), Octrine Bethary E. S. (Akuntansi 2013), Bourinta Uly Christi (Akuntansi 2015), dan Daisy Meirisa Tarigan (Akuntansi 2015), membuat penelitian pentingnya investasi lingkungan atau green investment terhadap peningkatan kinerja keuangan perusahaan. “Investasi lingkungan merupakan upaya perusahaan untuk mengelola lingkungan demi mengurangi dampak negatif aktivitas perusahaan,” ujar Gretta.

Menurut Gretta, PKM ini memiliki keunikan karena mengaitkan isu lingkungan dengan isu keuangan. “Dimana pada umumnya, akademisi keuangan sangat jarang melakukan penelitian dan mengaitkannya dengan isu-isu lingkungan,” jelas Gretta.

Selain itu, pembuatan PKM tersebut bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi investasi lingkungan dan peningkatan kinerja keuangan perusahaan melalui green investement. “Karena studi tentang investasi lingkungan masih sulit ditemukan dalam literatur bisnis dan akuntansi, terutama penelitian di negara berkembang dimana isu lingkungan menjadi perhatian publik,” terang Gretta.

Dengan penelitian ini, tambah Gretta, diharapkan dapat memicu akademisi lainnya memasukkan isu lingkungan ke penelitian sehingga Indonesia dapat seperti negara asing yang peka dan peduli pada isu lingkungan. “Selain itu, diharapkan peran masyarakat terutama dalam menilai kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup, salah satunya dengan penilaian proper perusahaan,” jelas Gretta. (Veren/Manunggal)