Tiga Persiapan Cerdas agar Mudik Aman dan Nyaman

(Dok. Istimewa)

 

Lebaran tidak lengkap rasanya tanpa mendengar istilah mudik. Kata yang menurut KBBI berarti pulang ke kampung halaman tersebut selalu memenuhi headline media nasional, baik menjelang lebaran maupun pasca lebaran. Lebaran merupakan momen yang tepat untuk melaksanakan mudik. Dilansir dari liputan6.com, pada musim Lebaran kali ini diperkirakan ada 19 juta pemudik. Jumlah ini naik sekitar 8,5% dari tahun 2016. Namun yang perlu diperhatikan, mudik bukanlah kegiatan yang sederhana. Perlu ada berbagai persiapan yang harus dilakukan agar mudik lancar dan bebas hambatan. Yuk, simak tiga tips persiapan cerdas agar kita bisa mudik dengan aman, nyaman, tanpa gangguan!

Persiapan transportasi

Transportasi merupakan bagian utama agar prosesi mudik bisa terlaksana dengan baik. Ibarat mobil, transportasi adalah rodanya mudik. Jadi, transportasi memang penting untuk dipersiapkan baik-baik. Jika menggunakan kendaraan pribadi, usahakan kendaraan tersebut telah diservis terlebih dahulu. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan kendaraan macet di jalan. Selain itu, surat-surat kendaraan dan pengemudi haruslah lengkap, karena tidak lucu juga ketika mudik kita tertunda karena tertilang dan harus sidang di kepolisian. Namun, jika Anda menggunakan transportasi umum, sangat dianjurkan agar Anda memesan tiket jauh-jauh hari. Biasanya, semakin mendekati lebaran, kemungkinan Anda mendapatkan tiket akan semakin kecil.

Persiapan fisik

Setelah transportasi siap, hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah persiapan fisik. Sebelum mudik, sebaiknya Anda istirahat yang cukup agar tidak mengantuk ketika perjalanan. Hal ini sangat dianjurkan terutama bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi. Statistik dari Korlantas Polri menunjukan, setidaknya setiap hari ada enam kasus kecelakaan akibat mengantuk. Jadi, sangat penting bagi anda untuk tidur yang cukup sebelum mudik.

Selain itu, kenali juga kondisi fisik serta riwayat penyakit Anda. Bawalah obat-obatan yang diperlukan jika Anda mengidap penyakit tertentu dan sediakan juga obat untuk mengatasi mabuk selama perjalanan.

Persiapan barang

Kemasi barang-barang Anda serapi mungkin dan usahakan agar barang-barang tersebut sudah disiapkan beberapa hari sebelum keberangkatan. Lebih baik lagi jika Anda mendaftar apa saja barang yang harus dibawa ketika mudik sehingga tidak ada barang yang terlupakan, misalnya saja Anda membawa laptop tapi pengisi baterainya tertinggal di rumah. Selain itu, jangan membawa barang berlebihan. Bedakan antara mudik dan pindah rumah. Bawalah barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Terakhir, jangan pula membawa uang cash atau perhiasan secara berlebihan karena selain mengundang nafsu jahat orang lain, hal tersebut juga membuat kita tidak tenang selama perjalanan.

Jadi, selamat mudik dan bertemu sanak keluarga! Jangan lupa berdoa agar selalu diberi perlindungan selama perjalanan. (Lilis / Manunggal)

Sumber statistik: liputan6.com