Tiga Aplikasi Keren untuk Mengisi Liburan

Sejauh ini, apa saja yang teman-teman lakukan untuk mengisi waktu luang saat liburan? Selain magang, kursus, part time, atau menonton film, ada hal lain yang pastinya kita lakukan, yakni menyibukkan diri dengan telepon seluler (ponsel) karena kepraktisannya. Namun, jangan sampai kita hanya terlena dengan media sosial atau game. Nah, berikut ini merupakan ulasan beberapa aplikasi keren yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan.

iJakarta

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

Sebagian dari kita mungkin sudah mengenal iJakarta, yakni aplikasi perpustakaan digital milik Badan Perpustakaan DKI Jakarta. Melalui aplikasi ini, kita bisa meminjam buku digital dengan prosedur perpustakaan pada umumnya. Tentunya, kita perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Nantinya, kita dapat menjelajahi berbagai macam buku yang ada dan mengunduhnya untuk dibaca dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Apabila melewati batas waktu, buku yang dipinjam akan otomatis dikembalikan ke perpustakaan. Selain batas waktu, ada pembatasan jumlah buku yang bisa dipinjam per harinya. Selain iJakarta, ada banyak aplikasi perpustakaan lainnya, di antaranya iPusnas, iJogja, iProbo, dan MOCO.

Duolingo

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

Belajar bahasa melalui ponsel di mana pun dan kapan pun, kenapa tidak? Duolingo bisa menjadi solusi untuk belajar bahasa secara kreatif. Ada banyak pilihan bahasa yang dapat teman-teman pilih dalam aplikasi ini. Kita akan diajak untuk mengasah kosa kata, menerjemahkan, dan menyusun kalimat. Serunya, kita dapat mempelajari berbagai aspek dalam berbahasa, termasuk mendengarkan dan berbicara. Aplikasi ini dapat menjadi pijakan awal teman-teman sebelum serius mempelajari bahasa tertentu.

Wattpad

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

Kalau teman-teman punya kecintaan terhadap tulis-menulis, teman-teman dapat menuangkannya dalam aplikasi ini. Asyiknya, kita bisa mendapat komentar, saran, atau kritik terkait tulisan yang sudah diunggah. Memang ada banyak aplikasi sejenis yang bermunculan akhir-akhir ini, tetapi kepopuleran Wattpad belum tergeser. Justru kini ada banyak buku yang berjajar di toko buku yang berawal dari Wattpad, lho. Kita juga bisa membaca tulisan dari pengguna lain dan menyematkan komentar.

Seru, kan? Namun, tidak hanya tiga aplikasi di atas yang bisa kita pilih. Ada banyak aplikasi lain yang tidak kalah menarik. Contohnya, teman-teman yang hobi membuat komik bisa mengikuti challenge yang diadakan Webtoon. Nah, selamat menjelajahi aplikasi-aplikasi keren di ponsel! (Ayu/Manunggal)