Teknik Perkapalan Gelar Deconbotion

Beberapa peserta lomba Deconbotion dalam kategori RC Boat memainkan kapal radio control-nya di danau Puri Maeroko, Semarang, Sabtu (5/12). (Anis/Manunggal)

Beberapa peserta lomba Deconbotion dalam kategori RC Boat memainkan kapal radio control-nya di danau Puri Maeroko, Semarang, Sabtu (5/12). (Anis/Manunggal)

ManunggalCybernews—Himpunan Mahasiswa S1 Teknik Perkapalan menggelar National Deconbotion Marifest 2015 di Puri Maerokoco Semarang, Sabtu (5/12). Lomba prototipe kapal yang digelar tahunan ini, merupakan salah satu rangkaian acara dalam Marifest 2015.

Ketua Panitia Deconbotion Febrian Sihaloho menjelaskan terdapat dua kategori dalam perlombaan ini, yaitu Remote Control (RC) Boat dan autonomous. Kategori lomba RC Boat merupakan adu cepat prototipe kapal bermesin yang dikendalikan remote control. Sedangkan kategori lomba autonomous adalah adu prototipe kapal yang didesain khusus untuk melewati beberapa tantangan dengan menggunakan sensor warna.

Peserta dari ITS Nicholas Panuguan mengatakan timnya telah melakukan persiapan selama tiga bulan untuk kompetisi ini. Nicholas mengaku sempat terkendala saat membuat body prototipe kapal. “Kalau body-nya nggak presisi atau ada yang miring sedikit, nanti jalannya nggak seimbang,” ujarnya.

Ebenezer Boy Panitia Seksi Acara Deconbotion berharap acara ini dapat meningkatkan perhatian lebih banyak komunitas tentang RC Boat. “Pokoknya prototipe tentang kapal. Biasanya orang-orang tahunya main mobil radio control, nah kalau ini radio kontrol di air,” harap Boy. (Anis/Manunggal)