Tari Saman FIB Undip, Bangga Tampil di Solo Menari 24 Jam

(Dok. Istimewa)

 

ManunggalCybernews–Pagelaran Solo Menari 24 Jam yang digelar oleh Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta pada Sabtu (29/4) sampai Minggu (30/4) menghadirkan banyak penari dari dalam dan luar negeri, salah satunya yaitu Tari Saman Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip.

Tim Tari Saman FIB sudah melakukan persiapan dengan berlatih selama satu bulan penuh untuk tampil di acara Solo Menari 24 Jam. Meskipun banyak kendala yang dihadapi, mereka optimis dapat menampilkan tarian yang baik dan indah. “Kendalanya pasti banyak, karena Saman kan tim dan banyak orang, yang sulit itu latihan komplit orangnya. Jadi ada bolong satu, bolong dua,  ada juga  yang pulang kampung,” ujar Dwi Rusiana, salah satu penari Saman FIB.

Kendati demikian, tampil di acara yang telah dikenal di mancanegara tersebut merupakan kebanggan tersendiri bagi Tari Saman FIB. “Karena aku seorang penari, aku punya kebanggaan bisa gabung disini. Apalagi acara ini se-Indonsia kan, jadi punya kebanggaan tersendiri bisa tampil disini,” tambah penari Saman FIB yang lain, Ana.

Meskipun informasi tentang acara tersebut terlambat, hal ini tidak membuat tim Tari Saman FIB mengurungkan niatnya untuk dapat tampil di acara tersebut. “Persiapanya udah sangat maksimal, tampilnya juga udah berusaha semaksimal mungkin, tapi kalau ada yang  masih kurang, ya belum bisa sempurna,” jelas Wahyu Dwi Astuti, ketua Saman FIB Undip.

Keikutsertaan tim Tari Saman FIB Undip pada acara Solo Menari 24 jam mendapatkan dukungan penuh dari pihak fakultas. “Harapan untuk saman sendiri semoga besok, tahun kedepannya, bisa tampil lagi disini, kalau bisa jadi tamu undangan dan tampil di Pendopo Utama,” ujar Ana. (Hamid/ Manunggal)