Tanggapi Tagar #UndipKokJahatSih, Unggahan Instagram Undip Blunder?

Ilustrasi. (Sumber: Manunggal)

Warta Utama— Belum selesai permasalahan perihal subsidi kuota yang dinilai ‘pilih kasih’, publik Undip dibuat ramai oleh kabar kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru 2020. Meskipun SK Kenaikan UKT tersebut sudah diputuskan sejak Rabu (26/2), adanya kebijakan baru tersebut baru-baru ini membuat khalayak, khususnya mahasiswa, tercengang.

Tidak terkecuali Maruhum Simbolon, Mahasiswa Agribisnis Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP). Ia berpendapat meskipun SK sudah diputuskan bulan Februari lalu, informasi tersebut terasa tidak sampai ke mahasiswa.

“Sebenernya terkejut, karena terkesan tiba-tiba. Kalau dari aku sih, penyampaian pihak kampus terasa minim. Adanya wabah juga menutup informasi dari pihak kampus,” ujar Maruhum, Sabtu (2/5).

Inkonsistennya Unggahan Instagram Undip

Adanya keputusan tersebut, membuat ramainya protes atas kenaikan UKT yang berujung viralnya tagar #UndipKokJahatSih. Terdapat satu fenomena yang menarik, yaitu munculnya unggahan tandingan dari Instagram undip.official. Unggahan tersebut membawa tagar #UndipBaikHati dan #UndipPeduli serta mencantumkan delapan poin yang seakan ingin membuktikan bahwa tuduhan tagar #UndipKokJahatSih tidak benar.

 

Unggahan #UndipBaikHati dan #UndipPeduli serta delapan poin pembelaan dari Instagram undip.official, Sabtu (1/5). (Sumber: twitter.com/hobitta)

Farhan (bukan nama sebenarnya), sebagai Mahasiwa Undip, berpendapat bahwa keputusan yang diambil admin Instagram Undip kurang tepat. “Menurutku itu bukan jawaban yang tepat untuk hastag #UndipKokJahatSih. Malah lebih baik adminya diam saja. Kesannya seperti akun buzzer yang terlalu cepat tanggap, dan akhirnya malah blunder,” ujarnya saat ditemui langsung oleh Awak LPM Manunggal, Sabtu (2/5).

Dan benar saja, unggahan tersebut tidak bertahan di akun Instagram undip.official. Hilangnya postingan delapan poin itu memunculkan banyak tanggapan dari warganet. “Lah kok ilang? Wkwk”, “blunder bos?”, “takut tambah diup media nih ye, kayak selebgram aja”, dan masih banyak lagi.

Unggahan Baru yang Membingungkan

Setelah itu, Instagram undip.official kembali mengunggah dua konten terbaru, namun masih sebagai tanggapan dari viralnya tagar #UndipKokJahatSih. Masih dengan tagar yang sama, yaitu #UndipBaikHati dan #UndipPeduli, dua konten tersebut berisi dua pernyataan yang berbeda.

Dua unggahan akun instagram undip.official terkait UKT sebagai tanggapan #UndipKokJahatSih, Sabtu (1/5). (Sumber : instagram/undip.official)

Pada pernyataan pertama dikatakan, “Undip siap bebaskan UKT mahasiswa lama dan baru yang terdampak finansial akibat pandemi Covid-19”. Sedangkan pada pernyataan kedua dikatakan, “Undip siap turunkan UKT mahasiswa lama dan baru yang terdampak finansial akibat pandemi Covid-19”.

Jika diperhatikan, kedua unggahan tersebut justru membuat informasi yang diterima menjadi simpang siur, antara membebaskan atau menurunkan UKT. “Jadi diturunkan atau dibebaskan sih yang benar?” komen salah seorang warganet di kolom komentar.

Pernyataan yang terlanjur dilempar pada kedua konten tersebut dan tidak adanya SK serta adanya tambahan kutipan “syarat dan ketentuan berlaku”, membuat publik menilai ketidakseriusan Undip dalam bersikap.

“Kok SK-nya belum keluar? Syarat ketentuan berlaku? Waduh gimana nih. Coba deh mulai dari transparansi kemana UKT kami semester ini. Toh, saya kan ngga pakai listrik, ngga pakai air. Tapi kok ngga ada kemudahan apapun untuk mahasiswa lama,” ujar akun gilangwf di kolom komentar.

Desain yang Pas-pasan

Kemudian yang juga menjadi sorotan adalah desain unggahan kedua konten pernyataan tersebut. Banyak yang menyayangkan akun Instagram undip.official tidak selayaknya memposting foto hasil layar tangkap yang dipotong tidak sempurna. “Tidak rapi, masuknya sangat blunder sekali,” ujar Putra, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) saat dihubungi via pesan singkat, Sabtu (2/5).

Lebih lanjut lagi Putra menjelaskan, bahwa kemungkinan adanya kecerobohan atau miskomunikasi di antara admin undip.official. “Karena mereka memposting sebuah screenshot foto, malah bukan foto asli atau desain aslinya di akun official universitas. Ini akun official lho,” tambahnya.

Terakhir, Putra juga mempertanyakan apakah Undip, yang dikatakan sebagai World Class University, tidak memilik editor yang cakap dalam membuat desain? “Masak kalah sama akun instagram himpunan mahasiswa jurusan, pak?” tutupnya.

Reporter: Alfiansyah
Penulis: Alfiansyah
Editor: Erlin Lutvia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *