Sulap Batang Pohon Pisang Jadi Keripik

(Dok.Istimewa)

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan pelatihan dan pengolahan keripik batang pohon pisang untuk masyarakat Desa di Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, pada Sabtu (4/8). Kegiatan yang bertujuan untuk menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan, menjadikan peluang usaha yang menghasilkan, serta meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat ini diikuti oleh  ibu-ibu PKK dan kelompok UMKM desmigratif Desa Pasuruhan.

Jika biasanya batang pohon pisang terbuang percuma, kini bisa jadi manfaat berkat kreativitas Uswatun Khasanah, mahasiswi Teknologi Pangan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip. Berkat mahasiswi yang akrab disapa Uus ini, batang pohon pisang disulap menjadi camilan keripik yang lezat, gurih, dan kaya akan serat yang dapat mencegah sembelit dan memperlancar BAB.

“Karena di Desa Pasuruhan ini kan banyak sekali pohon pisang dan biasanya kalau panen batangnya dibuang, jadi saya manfaatkan untuk membuat keripik sekaligus melatih ibu-ibu PKK untuk membuat keripik gedebog pisang. Selain enak, banyak kandungan gizinya juga,” ujar Uus.

Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan keripik batang pohon pisang antara lain: batang pohon pisang, tepung tapioka, garam, penyedap masakan, air kapur sirih, air mineral, dan minyak untuk menggoreng.

“Semoga dengan adanya pelatihan pembuatan keripik gedebog pisang ini nantinya ibu-ibu PKK dan juga kelompok UMKM dapat memproduksinya dan memasarkan produknya sendiri,” tutup Uus.

Putri Arti Lestari

Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris

Fakultas Ilmu Budaya