Sudah Saatnya Indonesia Mengadopsi Kebijakan Dwikewarganegaraan

img_3107

(Nina/Manunggal)

Diaspora adalah orang-orang yang belajar, bekerja hingga tinggal dan menjadi warga negara di luar negeri. Diaspora terbukti memiliki peran penting dalam memajukan sebuah bangsa, hal ini dapat kita lihat di Tiongkok dan India. Sejumlah perusahaan berskala global di Tiongkok didirikan oleh para diasporanya. Demikian juga dengan India, dimana empat dari lima perusahaan IT terbesar berskala global yang ada disana merupakan sumbangsih dari para diasporanya. Sekarang ini, Tiongkok dan India bahkan berada dalam posisi sebagai negara-negara dengan pertumbuhan tertinggi di dunia.

Di Indonesia, kesadaran mengenai besarnya potensi dan pentingnya peran diaspora relatif baru muncul pada beberapa tahun terakhir. Kongres diaspora Indonesia I baru diselenggarakan pada Juli 2012 di Los Angeles, Amerika Serikat, dan dihadiri oleh sekitar 2000 diaspora dari 21 negara. Melalui kongres tersebut, semangat keindonesiaan para diaspora asal Indonesia di berbagai penjuru dunia semakin menggebu.

Kali ini, Reporter Manunggal Verawati Meidiana berkesempatan mewawancarai Dino Patti Djalal, seorang penulis pidato, akademisi, dan penulis nasional best seller. Simak petikan wawancara khusus bersama mantan Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia tersebut, usai mengisi Kuliah Umum di Auditorium Fakultas Sosial dan Ilmu Pemerintahan Undip Semarang beberapa waktu lalu.

Pages 1 2 3