Si Jago Merah Lahap Laboratorium Undip, Korban Alami Luka Bakar

Kebakaran di Laboratorium Terpadu Undip akibat kegagalan penelitian biodiesel pada Kamis, (27/8). (Foto: Indah/LPM Manunggal)

Warta Utama— Pada Kamis (27/8), Laboratorium Terpadu Universitas Diponegoro dilahap si jago merah. Wakil Rektor I Undip, Budi Setiyono membenarkan kejadian tersebut, “Benar. Keterangannya ada di Pak WR IV,” katanya pada awak antaranews.com. Dilansir dari jateng.tribunnews.com, menurut Kepala Kepolisian Sektor Tembalang Komisaris Polisi Mas’ud disebutkan dua mahasiswa Undip mengalami luka bakar. Keduanya ialah mahasiswa S1 Fakultas Teknik Kimia, Dody Verdiyanto (21) dan Alex Frederius (21).

“Mereka sudah mendapatkan penanganan medis di RSND Semarang,” papar Kompol Mas’ud kepada awak Tribun Jateng kala itu. Ia juga bercerita mengenai kronologi tragedi kebakaran tersebut berdasar ketengan saksi. Semula kedua korban melakukan penelitian biodiesel di Gedung Laboratorium Terpadu mulai pukul 12.00 WIB. Penelitian tersebut untuk menyelesaikan tugas akhir. Kemudian sekitar pukul 14.30 WIB, Dody memasukan cairan mentanol ke dalam alat mini plant. Alex mengaduk cairan tersebut. Kemudian secara tak terduga muncul percikan dan mengenai tubuh Dony hingga badannya terbakar.

Dody pun berlari mendekati Alex dan Alex membantu memadamkan api tersebut tapi tidak berhasil. Ia kemudian berlari menuju lantai 6, hanya saja Dony justru menyenggol cairan mentol tersebut dan membuat api. Sementara di lantai 6 terdapat 4 rekan korban. Diantara rekannya membantu menyiramkan air ke tubuh Dony. Namun api tak juga padam. Alhasil, Dony menggulingkan badannya ke lantai. Bersamaan dengan itu rekannya tetap menyiramkan air ke badan Dony. Hingga api berhasil dipadamkan.  Lantas di bawa ke RSND Undip Semarang untuk mendapat penanganan medis.

Disamping itu, Reskrim Polsek Tembalang, Ipda Endro Soegijarto, mengatakan tatkala kejadian berlangsung salah seorang memanggil tim Damkar Kota Semarang. Api berhasil dipadamkan pukul 16.30 WIB. Disamping memadamkan api, Damkar pula melakukan evakuasi terhadap korban Alex.

“Tim Damkar juga melakukan evakuasi terhadap Korban Alex yang masih berada di atap gedung lantai tujuh,” terang Ipda Endro dilansir dari jateng.tribunnews.com, Kamis (27/8). Ipda Endro juga menuturkan, korban Dody Verdiyanto (21) mengalami luka bakar pada bagian badannya kurang lebih 90 persen. Sementara Alex Frederius (21) mengalami luka bakar pada bagian kaki sebelah kiri.

Penulis: Ni Kadek Cindy Yulita

Editor: Winda N, Alfiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *