Seminar Perpajakan Meriahkan Dies Natalis FEB

Pemaparan materi mengenai perpajakan dilakukan dalam acara Seminar Nasional “Reformasi Pajak dalam Perubahan Lanskap Perpajakan Domestik dan Internasional”, Rabu (1/3). (Nanik/Manunggal)

Pemaparan materi mengenai perpajakan dilakukan dalam acara Seminar Nasional “Reformasi Pajak dalam Perubahan Lanskap Perpajakan Domestik dan Internasional”, Rabu (1/3). (Nanik/Manunggal)

ManunggalCybernews–Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Undip membuka rangkaian acara Dies Natalis ke-57 dengan Seminar Nasional “Reformasi Pajak dalam Perubahan Lanskap Perpajakan Domestik dan Internasional”. Seminar nasional yang diprakarsai oleh Senat FEB tersebut diadakan di Hall Gedung C FEB Undip, Rabu (1/3).

 “Output dari seminar ini tidak hanya berhenti pada seminar saja, tapi memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat mengenai pajak dan kepatuhan pajak. Output jangka panjangnya adalah membentuk Tax Center,” ujar Aulia Pradipta, Ketua Senat Mahasiswa FEB Undip.

Dipta menambahkan, pemahaman tentang pajak penting untuk diedukasi sejak dini. Menurutnya, ada dua faktor utama yang memengaruhi hal tersebut. Pertama, pajak merupakan sumber pendapatan terbesar APBN. Kedua, tax amnesty akan berakhir sehingga untuk ke depannya akan ada tantangan lain karena kebijakan yang muncul setelah tax amnesty dianggap lebih penting. ”Selanjutnya, seperti yang dikatakan Ibu Sri Mulyani bahwa orang yang membayar pajak masih sangat sedikit dibandingkan orang-orang yang memiliki kekayaan namun belum terdaftar. Oleh karena itu, pajak penting diterapkan sejak dini, agar mahasiswa taat membayar pajak untuk pembangunan di Indonesia,” tuturnya.

Terdapat dua pembicara yang hadir untuk menyampaikan materi, yaitu Staf Ahli Kepatuhan Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo dan Managing Partner Danny Darussalam Tax Center, Darussalam. Suryo Utomo menjelaskan tentang lanskap perpajakan domestik, peran pajak di lingkungan domestik, dan reformasi pajak. Pada sesi selanjutnya, Darussalam menyampaikan tentang perpajakan internasional. Selain itu, dalam seminar tersebut juga dilakukan peresmian Tax Center FEB Undip dan penandatangan kesepakatan dengan Danny Darussalam Tax Center.

Walaupun acara tersebut hanya ditujukan untuk mahasiswa FEB, antusiasme yang muncul cukup tinggi. “Dalam waktu dua jam, sudah hampir penuh kuotanya. Menurut saya sendiri sih ini sangat diminati oleh mahasiswa FEB dan banyak yang sangat antusias, apalagi ada isu baru yaitu Tax Amnesty,” papar Kevin Dio, ketua panitia. (Hamid/ Manunggal)