Seminar Nasional K3 FKM Undip Kembali Digelar

Suasana Seminar Nasional K3 2014 di Gedung Prof. Soedarto, SH Universitas Diponegoro, Semarang, Sabtu (26/4). (Ririn/Manunggal)

Suasana Seminar Nasional K3 2014 di Gedung Prof. Soedarto, SH Universitas Diponegoro, Semarang, Sabtu (26/4). (Ririn/Manunggal)

ManunggalCybernews – Occupational Safety and Health Forum Fakultas Kesehatan Masyarakat (OSH FKM) Universitas Diponegoro 2014 bekerjasama dengan Asosiasi Ahli Keselamatan Kerja (A2K3) menggelar Seminar Nasional (Semnas) K3 2014 di Gedung Prof. Soedarto, SHUndip, Semarang, Sabtu (26/4). Semnas K3 tahun ini mengusung temaPeran Ahli K3 dalam Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Berdasarkan PP No.50 Tahun 2012 Untuk Mencapai Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015”.

Seminar ini menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yakni Ir Amri AK MM (Direktur Pengawasan Norma K3 Kemenakertrans), Dr Ir M Yudi M Solihin MBA MSc (Presiden Lembaga Sertifikasi Profesi Migas), Ridwan Mahzun MMT MIIRSM (Ketua DPP A2K3), dan Hanifa Maher Denny SKM MPH PhD (Dosen K3).

Acara yang dihadiri lebih dari 1000 peserta ini, bertepatan dengan pelantikan pengurus A2K3 Dewan Pimpinan Cabang Jawa Tengah (DPC Jateng). Helmi Tri Wahyudi, ketua panitia, mengatakan acara ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta semnas mengenai K3 serta dapat mengimplementasikan apa yang telah didapatkan. Selain itu, dia berharap, acara ini dapat menciptakan sinergitas antara lembaga institusi maupun birokrasi sehingga Indonesia dapat mewujudkan Indonesia berbudaya K3 tahun 2015.

Robby Aditya, peserta semnas, mengaku mengikuti acara ini karena tertarik dengan tema yang diusung, keinginannya untuk menambah wawasan tentang K3 dan sertifikasi dibidang K3 terkait dengan Asean Free Trade Area (AFTA) tahun 2015 yang sudah dekat. “Harapannya, budaya K3 dapat terlaksana, minimal dari kita sendiri. Sejak dari sekarang, dalam lingkup kecil seperti di kampus, sudah menerapkan perilaku K3,” ujarnya. (Ririn/Manunggal)